June 26, 2020 at 07:42AM - Tambahan Anggaran Pilkada 2020 untuk APD Ditolak Pemkot Surabaya -

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Tambahan Anggaran Pilkada 2020 untuk APD Ditolak Pemkot Surabaya

JawaPos.com–Komisi Pemilihan Umum Kota Surabaya menyikapi penolakan pengajuan tambahan anggaran Pilkada 2020 senilai Rp 12 miliar untuk kebutuhan alat pelindung diri (APD) oleh pemerintah kota setempat.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya Nur Syamsi mengatakan, pengajuan tambahan anggaran sebesar Rp 12 miliar ditolak oleh pemkot dari sumber APBD. Meski demikian, pihaknya sudah mengalihkan mengajukan tambahan anggaran Pilkada 2020 ke KPU RI. ”Mudah-mudahan bisa disetujui dari sumber APBN,” kata Nur Syamsi seperti dilansir dari Antara saat rapat dengar pendapat di ruang Komisi A DPRD Kota Surabaya pada Kamis (25/6).

Terkait dengan persiapan, tahap, instrumen SDM, dan anggaran dalam pilkada, Nur Syamsi mengatakan, sejak 15 Juni telah melakukan tahap lanjutan dalam rangka menyiapkan dan mengonsolidasi seluruh tahap dan SDM.

Anggota Komisi A (Bidang Hukum dan Pemerintahan) DPRD Kota Surabaya Arif Fathoni mengatakan, penolakan pengajuan anggaran Pilkada 2020 merupakan bukti ketidakseriusan Pemkot Surabaya mendukung KPU dalam pilkada.

”Ditolaknya karena satu tafsir dalam pasal yang mungkin saja tidak dibaca secara utuh oleh pemkot. Padahal, peraturan itu bersifat antara pasal satu dengan yang lain saling berkaitan, tidak bisa ditafsirkan satu pasal tidak memperbolehkan,” ujar Arif.

Menurut dia, penambahan anggaran pilkada di tengah pandemi Covid-19 ujungnya adalah menyelamatkan warga Surabaya dari potensi terinfeksi virus korona karena pilkada digelar pada masa pandemi. ”Maka, APD menjadi kewajiban yang harus dimiliki setiap penyelenggara pemilu. Kami menyesalkan sikap pemkot tiba-tiba memutuskan penambahan anggaran itu,” kata Arif.

Dengan kekuatan APBD Surabaya sebesar Rp 10 triliun, lanjut Arif, pemkot cukup mampu menyediakan tambahan anggaran kepada warga yang akan menyelenggarakan pesta demokrasi.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

Tambahan Anggaran Pilkada 2020 untuk APD Ditolak Pemkot Surabaya