June 28, 2020 at 09:09AM - New Normal: Unair Optimalkan Perkuliahan secara Daring -

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

New Normal: Unair Optimalkan Perkuliahan secara Daring

JawaPos.com – Era new normal menjadi tantangan baru bagi dunia pendidikan. Tidak terkecuali di lingkungan perguruan tinggi negeri (PTN). Masing-masing instansi kampus di Surabaya pun mulai mempersiapkan skema baru dalam menjalankan perkuliahan dan mengaktifkan kehidupan kampus. Misalnya, Universitas Airlangga (Unair).

Salah satu kampus terbaik nasional itu telah membuat skema baru dalam sistem perkuliahan. Begitu juga aktivitas administrasi di kampus. Bahkan, sebagian staf mulai menjalankan new normal. Meskipun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah memutuskan bahwa mahasiswa masuk kampus pada Januari tahun depan.

Wakil Rektor IV Unair Prof Junaidi Khotib mengatakan bahwa sebelum ada pandemi Covid-19, setiap mata kuliah di Unair memiliki pembelajaran daring. Namun, hanya 10 persen implementasinya. Setelah adanya Covid-19, pembelajaran daring ditingkatkan. Hampir seluruh mata kuliah disiapkan dalam bentuk daring. ”Sejak Februari hingga sekarang, pembelajaran daring tetap dioptimalkan. Begitu juga nanti ketika sudah new normal, Unair tetap menggunakan sistem daring dalam perkuliahan hampir 100 persen,” katanya.

Junaidi menambahkan, ada penguatan karakter atau skill yang tidak bisa digantikan dengan daring. Contohnya, kegiatan praktik di kelas, magang, dan intensif. Khususnya di fakultas kedokteran dan fakultas lain yang dibutuhkan praktik langsung. ”Itu kan tidak bisa digantikan dengan daring. Praktik laboratorium seperti itu tetap diadakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” ujarnya.

Salah satunya menurunkan jumlah kelas di laboratorium. Junaidi mencontohkan, laboratorium yang biasanya diisi 40 orang kini hanya bisa menampung 20 orang. Begitu juga laboratorium yang berkapasitas 20 orang kini hanya boleh diisi 10 orang. ”Semua diturunkan separo dari kapasitas yang seharusnya. Dengan begitu, physical distancing tetap terjaga,” kata dia.

Protokol kesehatan tersebut, lanjut dia, diterapkan di perpustakaan, asrama mahasiswa, dan laboratorium. Bahkan, mahasiswa maupun staf dan dosen yang masuk kawasan kampus harus menjalani protokol kesehatan. Di antaranya, pengecekan temperatur tubuh. ”Kalau mereka harus melakukan penelitian yang tidak bisa ditunda, mereka harus menggunakan masker, face shield, dan hand gloves,” ujarnya.

Junaidi menuturkan, saat ini Unair juga sudah menyiapkan sarana dan prasarana (sarpras) untuk membantu mencegah penularan Covid-19. Beberapa lift di kampus Unair sudah menggunakan alat pengontrol dengan kaki. Mulai untuk kontrol lift naik dan turun hingga tombol pencet setiap lantai.

Selain itu, di setiap gedung disediakan tempat cuci tangan dan sabun. Hand sanitizer pun disediakan di setiap sudut ruangan yang memudahkan pengunjung, mahasiswa, maupun staf/dosen dalam menggunakannya.

Dengan begitu, setiap pengunjung yang dikontrol sebelum memasuki gedung dipastikan tidak membawa virus lagi. ”Ini persiapan kami untuk new normal juga. Jika tidak ada aral melintang, September sudah diterapkan new normal. Bahkan sekarang sebagian sudah menerapkannya,” ujarnya.

Junaidi menyatakan, pembelajaran sudah digantikan dengan daring selama semester genap. Yakni, Februari hingga Juni. Mulai menggunakana Zoom, Google Meet, atau webinar.

Badan Penjaminan Mutu untuk Pendidikan Unair sedang mengevaluasi efisiensi dan efektivitas pembelajaran daring yang sudah dilakukan. Praktik kelas yang bisa digantikan dengan virtual pun telah disiapkan.

PERSIAPAN NEW NORMAL DI UNAIR:

  • Menggunakan pembelajaran daring 100 persen.
  • Kelas praktik yang mengharuskan offline diatur dengan penjadwalan khusus.
  • Ruang laboratorium hanya diisi separo dari kapasitas yang seharusnya.
  • Wajib menggunakan masker. Bisa juga ditambah face shield dan hand gloves.
  • Sebagian lift menggunakan sistem kontrol dengan kaki tanpa sentuh tangan.
  • Menyediakan wastafel dengan air mengalir dan sabun untuk cuci tangan sebelum masuk gedung.
  • Menyediakan hand sanitizer yang mudah dijangkau pengunjung, staf, mahasiswa, maupun dosen.
  • Mengubah praktikum tertentu dengan cara virtual.

New Normal: Unair Optimalkan Perkuliahan secara Daring