June 28, 2020 at 07:59AM - Pemkab Sidoarjo Dorong Setiap Desa Miliki BUMDes -

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pemkab Sidoarjo Dorong Setiap Desa Miliki BUMDes

JawaPos.com–Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, terus mendorong supaya setiap desa di kabupaten itu memiliki badan usaha milik desa (BUMDes) dengan tujuan semua desa bisa lebih cepat mandiri.

Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin mengatakan, membentuk BUMDes merupakan langkah yang tepat karena akan mempercepat kemandirian desa. ”Kemandirian desa harus diciptakan, karena dengan begitu ekonomi masyarakatnya akan kuat,” kata Nur Ahmad Syaifuddin seperti dilansir dari Antara.

Menurut dia, jika desa dapat mandiri, makmur, dan dapat mengatur potensinya dengan baik, negara akan menjadi kuat. ”Jadi negara itu akan kuat apabila ditopang pemerintah provinsi yang kuat, kabupaten yang kuat, lalu kecamatan dan desa yang kuat,” ujar Nur Ahmad Syaifuddin.

Dia mengatakan, membesarkan usaha harus dimulai dari masyarakat itu sendiri yang harus guyub, solidaritas, dan gotong royong harus tampak. Di samping itu, desa harus bisa mengatur dengan baik, pengelolaannya harus profesional, berbagai masukan masyarakat harus didengarkan. Yang terbaik untuk masyarakat harus dilakukan. Dengan begitu usaha tersebut akan berjalan dengan baik.

Sementara itu, Camat Tanggulangin Sabino Mariano mengatakan, pembentukan BUMDes Delta Mandiri murni dari prakarsa masyarakat Desa Ketapang. Secara swadaya, masyarakat berhasil mengumpulkan modal sebesar Rp 1,7 milyar. Kemudian pada 2019 ada penyertaan modal dari Pemerintah Desa Ketapang kurang lebih sebesar Rp 600 juta.

”Tahun ini, Pemdes Ketapang menambah modal sebesar Rp 100 juta. Sehingga total investasi yang telah berjalan kepada BUMDes Delta Mandiri sebesar Rp 2,4 miliar,” terang Sabino.

Sabino berharap ke depan BUMDes Delta Mandiri dapat terus dibangun secara gotong royong oleh masyarakat Desa Ketapang. ”Semangat bersama membangun desa yang mandiri ditunjukkan seluruh penduduk Desa Ketapang. Baik penduduk yang masih menempati desanya maupun yang sudah pindah atau merantau,” ucap Sabino.

Sabino menambahkan, semangat warga desa akan terus dibangun bersama menuju desa yang mandiri, karena desa yang memiliki semangat membangun potensi yang memberikan dampak positif kepada masyarakat. ”Ke depan akan ada usaha-usaha lain selain wisata pemancingan. Masyarakat Desa Ketapang juga akan membangun desanya menjadi desa yang tangguh menghadapi bencana,” ujar Sabino.

Masyarakat Desa Ketapang mendirikan wisata pemancingan. Terdapat tiga kolam pancing di lahan bekas lapangan yang luasnya kurang lebih 2 hektare tersebut. Tempat pemancingan di selatan Balai Desa Ketapang tersebut dijadikan BUMDes Delta Mandiri.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

Pemkab Sidoarjo Dorong Setiap Desa Miliki BUMDes