Polri Masih Tunggu Regulasi dari Anies Soal PSBB Total

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Polri Masih Tunggu Regulasi dari Anies Soal PSBB Total


JawaPos.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan meniadakan kebijakan ganjil genap (gage) mulai 14 September 2020. Hal ini menyusul ditariknya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi.

Terkait itu, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mangatakan masih menunggu Pergub yang mengatur PSBB secara total. Melalui Pergub tersebut, akan menjadi acuan petugas melakukan penegakkan hukum di lapangan.

“Terkait masalah PSBB, sampai sekarang kan baru pengumuman kemaren dari Pak Gubernur. Kita masih menunggu keputusan resmi dari Pemda DKI misalnya pergub berapa yang mau diterapkan kemudian bagaimana aturan-aturan didalamnya,” kata Sambodo kepada wartawan, Sabtu (12/9).

Dia menyampaikan, jajaran Polda Metro Jaya hanya bertugas sebagai penegak hukum. Sehingga membutuhkan regulasi sebagai acuan tindakan di lapangan. “Misal apakah aglomerasi berlaku warga bodetabek boleh masuk ke Jakarta atau hanya wilayah Jakarta nah ini kan masih nunggu aturan resmi dari Gubernur kira-kira pakai pergub yang mana,” jelasnya.

Atas dasar itu, saat ini kepolisian belum bisa banyak menanggapi ihwal dikembalikannya PSBB secara total.

Sebelumnya, Anies memutuskan menarik PSBB masa transisi. PSBB akan dikembalikan layaknya saat pertama kali diterapkan dengan sistem pembatasan secara tetap. Keputusan ini tak lepas dari kondisi Covid-19 di Jakarta yang masih terus meninggi. Sampai dengan Rabu (9/9), kasus konfirmas positif di Jakarta berjumlah 49.837. Dengan rata-rata penambahan setiap hari sekitar seribu kasus dalam 2 pekan terakhir.

“Situasi wabah di Jakarta ada dalam kondisi darurat. Maka dengan kedaruratan ini tidak banyak pilihan bagi Jakarta kecuali menarik rem darurat sesegera mungkin,” kata Anies di Balai Kota Jakarta.

Selain jumlah kasus positif yang terus melonjak, pertimbangan PSBB kembali diketatkan yakni karena angka kematian dalam 2 pekan terakhir juga ikut meningkat. Selain itu, ketersediaan ruang ICU untuk pasien Covid-19 juga terus menipis.


Polri Masih Tunggu Regulasi dari Anies Soal PSBB Total