Waspadai Gangguan Sistem Pencernaan GERD

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Waspadai Gangguan Sistem Pencernaan GERD


JawaPos.com – Penyakit yang berkaitan dengan asam lambung salah satunya adalah kembalinya asam lambung ke tenggorokan yang disebut GERD (gastroesophageal reflux disease). GERD merupakan salah satu gangguan pencernaan yang harus diwaspadai masyarakat. GERD dikenal sebagai penyakit asam lambung dan apabila sering kambuh atau kumat lebih dari tiga bulan statusnya menjadi kronis. GERD ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada disertai rasa asam atau pahit di mulut. Hal itu terjadi akibat naiknya asam lambung ke tenggorokan.

Rumah Sakit (RS) Darmo Surabaya mengantisipasi permasalahan itu dengan menyiapkan tenaga medis dan infrastruktur yang memadai. Yakni, dokter spesialis gastroenterologi dan alat penunjang yang canggih.

RS Darmo Surabaya memiliki penanganan tepercaya dalam bidang tersebut. Keandalan itu didukung oleh dokter spesialis gastroenterologi berkeahlian khusus dalam mengobati berbagai gangguan pada saluran pencernaan. Gastroenterologi merupakan suatu bidang medis yang khusus menangani berbagai penyakit pada sistem pencernaan. Hal itu meliputi tenggorokan, lambung, hati, sistem empedu, pankreas, usus halus, usus besar, hingga anus.

”GERD merupakan salah satu gangguan yang kerap ditemui di kalangan masyarakat, apalagi para milenial. Sebab, hal itu dipicu dari kebiasaan mereka yang gemar makan tanpa peduli efek setelahnya. Misalnya, langsung tidur setelah makan,” ungkap Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Darmo Surabaya dr Pangestu Adi SpPD KGEH.

Dr Pangestu menjelaskan, GERD terjadi ketika katup tenggorokan bagian bawah melemah. Bila otot itu lemah, katup akan mudah terbuka sehingga asam lambung dapat naik kembali ke tenggorokan. Selain terjadi pada orang yang sering berbaring atau tidur setelah makan, kondisi itu juga lebih berisiko pada orang dengan berat badan berlebih atau obesitas, perokok, dan wanita hamil.

RS Darmo memiliki prosedur medis yang cukup lengkap untuk menangani gangguan sistem pencernaan tersebut. Pasien akan ditangani dokter spesialis gastroenterologi dengan peralatan medis lengkap dan canggih. Salah satunya dengan endoskopi. Yakni, prosedur pemeriksaan yang bertujuan melihat kondisi saluran pencernaan secara visual dengan menggunakan alat bernama endoskop. Selain untuk pemeriksaan, endoskop juga dapat digunakan sebagai prosedur terapi dan pengobatan.

”Endoskop berbentuk seperti selang lentur yang dilengkapi dengan kamera di ujungnya. Selang lentur tersebut dilengkapi dengan sinar untuk memeriksa sistem pencernaan yang bermasalah. Teknologi endoskop sangat diandalkan karena dapat mempermudah para dokter dalam menangani penyakit pada saluran pencernaan,” papar dr Pangestu.

Dr Pangestu menambahkan, endoskop dapat dimasukkan ke dalam tubuh melalui rongga mulut, hidung, dan dubur. Selain untuk pengamatan organ tubuh secara visual, endoskopi juga dapat memfasilitasi dokter untuk melakukan tindakan atau terapi. Misalnya, mengatasi perdarahan yang terjadi di tenggorokan, lambung, usus halus, dan usus besar.

Ada pula tindakan lain seperti membuang batu di saluran empedu dan memasang stent di saluran empedu atau pankreas yang menyempit dengan tindakan yang disebut ERCP (endoscopic retrograde cholangiopancreatography).

Gangguan pencernaan bisa dialami siapa saja. Untuk itulah Anda harus memeriksakan diri ke dokter bila mengalami gejala pada gangguan saluran pencernaan. Gejala tersebut, antara lain, sering merasa sakit perut atau nyeri ulu hati, sulit menelan makanan tanpa diketahui penyebabnya, sering muntah, pendarahan, muntah hitam, diare, sembelit, hingga buang air besar lembek hitam atau berdarah. Gejala lain yang juga dapat muncul adalah warna kulit dan bola mata menguning disertai demam dan rasa tidak nyaman atau nyeri di perut atas.

Jika gangguan kesehatan tersebut terjadi terus-menerus, Anda harus segera memeriksakan diri kepada dokter yang ahli di bidangnya agar tidak semakin parah. Dengan begitu, risiko komplikasi atau keparahan pada organ pencernaan dapat dikurangi.

GEJALA GANGGUAN PENCERNAAN

Sulit atau nyeri menelan makanan
Muntah hitam atau berdarah
Nafsu makan menurun
Berat badan menurun dengan penyebab tidak jelas
Keluhan perut yang terus-menerus
Buang air besar berdarah atau hitam lembek
Sembelit atau sulit BAB yang baru dialami dan tidak segera membaik dengan makan buah dan sayur
Diare lebih dari 2 minggu
Kulit dan bola mata menguning
Nyeri perut hebat tidak tertahan
Riwayat keluarga dengan penyakit di saluran cerna, terutama tumor

RS DARMO
Jl Raya Darmo No 90, Surabaya
Webste: www.rsdarmo.co.id
Instagram: @rsdarmo.surabaya
INFO
Layanan Appointment dan Telekonsultasi: 031-5676253 atau 089630098900
Emergency: (031) 561-4135


Waspadai Gangguan Sistem Pencernaan GERD