50 Kamera ETLE Baru di Jakarta Ditargetkan Terpasang Bulan Depan

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

50 Kamera ETLE Baru di Jakarta Ditargetkan Terpasang Bulan Depan


JawaPos.com – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya telah mengajukan penambahan 50 kamera baru Elelctronik Traffic Law Enforcement (ELTLE) atau tilang elektronik. Polisi menargetkan kamera baru ini bisa terpasang dalam waktu dekat.

“Rencananya awal ya mungkin minggu kedua atau ketiga Maret 2021 (sudah terpasang),” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Kamis (4/2).

Sambodo menilai, ETLE sejauh ini berdampak positif bagi lalu lintas di Jakarta, terutama dalam membangun kesadaran berkendara masyarakat. Maka jika ETLE yang beroperasi semakin banyak, maka akan semakin efektif untuk melakukan penindakan pelanggaran lalu lintas.

Baca Juga: Polisi Ajukan Pengadaan 50 ETLE Baru, Fiturnya Lebih Canggih

“Karena kalau semua titik sudah ada e-TLE tentu akan mempermudah tugas anggota lantas di lapangan. Sehingga anggota dapat lebih fokus ke pegaturan lalu lintas, tidak kepada penangkap pelanggaran karena penangkap pelanggaran sudah oleh kamera,” jelasnya.

Diketahui, Ditlantas Polda Metro Jaya telah mengajukan 50 kamera ETLE baru ke Pemprov DKI Jakarta. Dengan penambahan ETLE tahap III ini, maka kamera ETLE di Jakarta akan menjadi 107 unit. Untuk saat ini, kamera yang sudah beroperasi berjumlah 57 unit, tersebar disejumlah ruas jalan Jakarta.

“Tahap pertama kan 12 titik, tahap kedua 45 titik, jadi Ditlantas Polda Metro Jaya telah mengoperasionalkan 57 kamera e-TLE,” jelas Sambodo.

Polda Metro Jaya menilai ETLE cukup efektif dalam menekan pelanggaran lalu lintas. Meskipun tidak ada aparat yang bertugas di lapangan, kesadaran masyarakat dalam tertib lalu lintas juga meningkat.

“Pada titik yang ada kamera ETLE-nya memang terjadi peningkatan disiplin berlalu lintas, hal ini menunjukkan bahwa kamera ETLE sangat efektif untuk meningkatkan kedisiplinan pelanggaran,” ucap Sambodo.

Saksikan video menarik berikut ini:


50 Kamera ETLE Baru di Jakarta Ditargetkan Terpasang Bulan Depan