Beda Foto Perumahan Korban Gempa Turki yang Dibangun Erdogan

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Beda Foto Perumahan Korban Gempa Turki yang Dibangun Erdogan


LAGI, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dijadikan bahan hoax untuk menyindir pemerintah Indonesia. Kali ini, beredar foto Erdogan di dalam helikopter. Dia memantau deretan rumah yang baru selesai dibangun di sebuah kawasan yang sangat luas.

Di bawah foto itu, ada dua foto lain yang menunjukkan deretan rumah yang sangat banyak. Lalu, kolase tersebut diberi keterangan bahwa pemerintahan Erdogan telah menyelesaikan pembangunan 70 ribu rumah baru untuk korban gempa di Truki setahun silam.

”Gerak cepat & tepat. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan membangun 70.000 hunian baru untuk warga Turki korban gempa tahun 2020 lalu, salah satu bukti Cinta seorang Presiden pada rakyatnya,” begitu narasi yang melengkapi foto tersebut. Akun Facebook Danidarek kemudian menyebarkan ulang kabar itu dengan menambahkan komentar yang membandingkan dengan di Indonesia (bit.do/RumahKorbanGempa).

Namun, kalau diperhatikan dengan teliti, bentuk rumah yang dilihat Erdogan dari dalam helikopter itu berbeda dengan bentuk rumah-rumah pada dua foto di bawahnya. Meski sama-sama beratap merah, yang dilihat Erdogan lebih mirip rumah susun. Sementara itu, di foto lainnya seperti rumah teras biasa.

Saat ditelusuri, foto Erdogan tersebut pernah diunggah portal berita Turki Lidergazetesi pada 25 Januari 2021. Keterangan foto tersebut menjelaskan bahwa Erdogan menghadiri peringatan serta penyerahan hunian kepada korban gempa bumi di Elazig. Erdogan mengungkapkan, ada 4.774 bangunan hancur akibat gempa. Pihaknya memutuskan untuk membangun 26 ribu rumah, 20 ribu di Elazig dan 6 ribu di Malatya. Anda dapat membacanya di bit.do/26RibuRumah.

Sementara itu, dua foto lainnya ternyata bangunan yang berbeda. Bukan rumah-rumah untuk korban gempa Elazig seperti yang dilihat Erdogan dari helikopter. Mengutip berita dari portal berota Karamanhabercisi yang diterbitkan pada 24 Januari 2021, perumahan baru itu berada di Kota Metropolitan Konya, Turki. Tidak ada kaitannya dengan penyediaan rumah untuk korban gempa.

Wali Kota Metropolitan Konya Ugur Ibrahim Altay menjelaskan, pengerjaan kawasan permukiman tersebut segera rampung. Sejauh ini, sanitasi dan drainase telah selesai dikerjakan. ”Kami memobilisasi kemungkinan bagi penduduk untuk pindah hunian agar hidup nyaman dan damai di tempat yang baru,” kata wali kota. Anda dapat melihatnya di bit.do/BukanDiElazig.

FAKTA

Erdogan membangun 26 ribu rumah untuk korban gempa Elazig 2020. Bukan 70 ribu rumah seperti yang beredar di media sosial. Dua foto permukiman yang dicantumkan bukan rumah untuk korban gempa.

Saksikan video menarik berikut ini:


Beda Foto Perumahan Korban Gempa Turki yang Dibangun Erdogan