Hoax Lantunan Bengawan Solo di Penutupan Olimpiade Tokyo

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Hoax Lantunan Bengawan Solo di Penutupan Olimpiade Tokyo


PERHELATAN Olimpiade Tokyo 2020 memang telah usai. Tapi, kabar palsu yang menyertainya masih saja beredar. Contohnya kabar bahwa lagu Bengawan Solo dilantunkan dalam pesta penutupan Olimpiade tersebut. Agar lebih meyakinkan, kabar itu dilengkapi video seorang perempuan yang menyanyikan lagu Bengawan Solo.

”Keren penutupan olimpiade Tokyo lagu Bengawan Solo dinyanyikan,” begitu kabar yang banyak beredar di aplikasi WhatsApp. Di Facebook, video serupa ditemui dengan narasi dan keterangan yang sama, bahwa lagu ciptaan Gesang itu dinyanyikan di pesta penutupan Olimpiade Tokyo.

”Lagu bengawan solo.. Bukan hanya dikenal di beberapa negara, tetapi sekarang benar2 di seluruh dunia. .#MH 70,80,90 s,.. Bengawan Solo.. pada penutupan Olimpiade Tokyo 2020..,” tulis akun Facebook Pakde Surono yang sudah disebar ratusan kali (bit.ly/LaguGesangTokyo).

Perempuan dalam video itu memang melantunkan lagu Bengawan Solo, diiringi sejumlah penari latar. Namun, jika dicermati, tidak ada simbol-simbol Olimpiade Tokyo di dalamnya. Sangat berbeda dengan tayangan acara penutupan Olimpiade Tokyo yang bisa dinikmati di berbagai media digital.

Misalnya yang diunggah kanal YouTube Olympics pada 8 Agustus 2021. Video itu diberi judul Closing Ceremony #Tokyo2020 Highlights. Pesta penutupan berlangsung di Stadion Olimpiade Tokyo mulai pukul 18.00 hingga 21.00 WIB. Berdasar tayangan itu, sama sekali tidak ada momen lagu Bengawan Solo dinyanyikan di sepanjang acara penutupan. Anda dapat melihatnya di bit.ly/PenutupanOlimpiade.

Penelusuran jejak digital menunjukkan bahwa video lantunan Bengawan Solo itu berbeda waktu dan tempat dengan penutupan Olimpiade Tokyo. Versi aslinya pernah diunggah kanal YouTube Youpidou pada 2 Oktober 2019 dengan judul Esther Helen – Bengawan Solo (Indonesia) @ Nanning International Folk Song Art Festival 2019.

Video itu merupakan rekaman kontes lagu tradisional yang diselenggarakan International Folk Song Art Festival tahun 2019. Penyanyinya bernama Esther Helen. Anda dapat melihatnya di bit.ly/FestivalThn2019.

Esther Helen merupakan penyanyi dari ajang pencarian bakat China Got Talent 2019. Melalui akun Instagram miliknya, @estherhelen13, Esther mengunggah informasi serupa yang memperlihatkan dirinya sedang menyanyikan lagu ciptaan Gesang tersebut. Anda dapat melihatnya di bit.ly/EstherHelen2019.

FAKTA

Lagu Bengawan Solo dalam video itu dilantunkan dalam ajang Nanning International Folk Song Art Festival 2019. Bukan pada penutupan Olimpiade Tokyo 2020.


Hoax Lantunan Bengawan Solo di Penutupan Olimpiade Tokyo