Manager Kampanye Tokopedia: UMKM Perlu Pahami ini Sebelum Go Online

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Manager Kampanye Tokopedia: UMKM Perlu Pahami ini Sebelum Go Online


JawaPos.com – Transformasi digital menjadi suatu kewajiban untuk sebuah bisnis. Namun, banyak pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) gagal saat masuk ke pasar dunia maya.

Lead Product Manager of Campaign Tokopedia Hatta Himawan menyatakan, karakteristik pasar digital berbeda jika dibandingkan dengan konvensional. Di dunia maya, tidak ada lagi batasan geografis. Namun, persaingan terlalu ketat. Karena itu, pelaku UMKM harus tahu produk serupa di pasar tersebut.

“Harus riset dulu. Apa keunggulan produk kita dibandingkan dengan yang lain, lalu pasar mana yang kita incar,” ungkapnya pada podcast Lokal Keren Jatim dalam rangkaian Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) Selasa (17/8).

Misalnya, lanjut dia, pelaku UMKM menjual produk dengan harga yang lebih mahal. Padahal, konsumen di Asia menganggap aspek harga menjadi perhatian yang pertama. Setelah harga, baru faktor kualitas yang diperhatikan.

“Salah satu kesalahan yang fatal adalah pengusaha tak menjelaskan produk sejelas-jelasnya. Padahal, penjelasan itu bisa jadi pembeda sekaligus pembenaran kenapa sih produk ini lebih mahal daripada yang lain,” paparnya.

Pada kesempatan yang sama, content creator Yoshi Setiawan menyebutkan bahwa hal yang diperhatikan dalam berdagang online adalah presentasi. Alasannya, konsumen tak bisa menyentuh langsung produk tersebut. Otomatis, aspek visual menjadi hal terpenting.

“Saat saya berjualan saus di marketplace, saya ikut sertakan video saya mukbang (siaran makan, Red). Biar mereka mengerti bagaimana bentuknya dan rasanya dari saya sendiri,” tuturnya.


Manager Kampanye Tokopedia: UMKM Perlu Pahami ini Sebelum Go Online