FSGI Minta TV dan Radio Lokal Ikut Dorong Pelaksanaan PJJ

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

FSGI Minta TV dan Radio Lokal Ikut Dorong Pelaksanaan PJJ


JawaPos.com – Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) meminta agar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), selain TVRI dan RRI, dapat memaksimalkan penggunaan stasiun televisi dan radio lokal dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) FSGI Satriwan Salim menuturkan bahwa hal ini diperuntukkan agar warga di lingkungan pendidikan, khususnya di wilayah 3T (tertinggal, terluar, terdepan) tetap dapat mengikuti pembelajaran meskipun minimnya akses internet.

“Saya pikir ini harus dimaksimalkan pemanfaatan TVRI dan RRI. Dan juga bisa bekerja sama dengan radio komunitas lokal, nah radio komunitas, tv lokal, ini bisa dimanfaatkan untuk PJJ,” ungkapnya kepada wartawan, Senin (7/9).

Kata dia, bersama pemerintah daerah (pemda) dan dinas pendidikan (disdik), pemanfaatan radio serta tv lokal dapat dilakukan. Menurutnya hal ini saling menguntungkan, di satu sisi membantu PPJ sekaligus juga operasional perusahaan tersebut.

“Dorongan kepada komunitas belajar juga bagus. Jadi komunitas ini bisa dimanfaatkan untuk PJJ,” terang dia.

Salah satu yang telah mengimplementasikan hal tersebut adalah Cirebon, Jawa Barata. Di mana pemda setempat telah bekerja sama untuk mendukung PJJ.

“Di Cirebon itu ada TV cirebon dan itu dimanfaatkan dengan guru SD, SMP. Nah jadi TV lokal juga bisa dimanfaatkan, tidak hanya TVRI dan RRI untuk pembelajaran,” jelasnya.


FSGI Minta TV dan Radio Lokal Ikut Dorong Pelaksanaan PJJ