Siswa Madrasah Mulai Terima Bantuan Kuota Internet untuk PJJ

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Siswa Madrasah Mulai Terima Bantuan Kuota Internet untuk PJJ


JawaPos.com – Siswa madrasah mulai menerima bantuan pulsa hasil kerjasama Kemenag dengan operator seluler. Sayangnya sampai saat ini Kemenag belum mendata jumlah siswa madrasah yang sudah menerima bantuan pulsa untuk mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ) di tengah pandemi.

Kabar penyaluran bantuan pulsa untuk siswa madrasah itu disampaikan Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag Ahmad Umar. Dia mencontohkan diantara madrasah yang sudah menerima dan menyalurkan bantuan pulsa adalah MAN Model 1 Manado. Mereka mendapatkan bantuan 20 ribu unit kartu internet dari operator XL. Selain itu juga ada bantuan kartu internet berisi kuota 30 GB dari Axis.

’’Ini salah satu provinsi yang sudah bergerak cepat,’’ katanya Minggu (20/9). Dia mengatakan bantuan pulsa itu merupakan kerjasama Kemenag dengan operator seluler hingga Desember 2020. Dia menegaskan Kemenag sudah melangkah dan mengatasi persoalan pulsa atau data internet untuk pelaksanaan PJJ. Umar juga mengatakan Kemenag terus berupaya menyalurkan bantuan pulsa dengan skema yang lebih baik lagi.

Umar mengatakan sampai saat ini belum sempat menghitung jumlah siswa madrasah yang sudah menikmati program bantuan pulsa internet itu. ’’Prinsipnya semua siswa madrasah di Indonesia harus happy dengan program ini,’’ katanya. Dia meminta bantuan kuota internet gratis itu digunakan untuk PJJ yang produktif di masa pandemi Covid-19.

Pada 14 September lalu Direktorat KSKK Kemenag menerbitkan surat pemberitahuan kerjasama mereka dengan PT XL Axiata yang meliputi XL dan Axis. Dalam surat itu dijelaskan bahwa PT XL Axiata memberikan starter pack atau kartu perdana XL dan Axis secara gratis kepada seluruh madrasah di Indonesia. Umar menegaskan program itu gratis dan madrasah tidak dipungut biasa apapun.

Paket internet yang diberikan sebesar 30 GB. Kuota spesial itu dapat digunakan 24 jam untuk mebuka layanan pendukung PJJ. Seperti Zoom Meeting, Ruangguru, Zenius, Google Hangout, Google Classroom, dan lainnya.

Selain itu juga ada tambahan kuota spesial sebesar 55 GB untuk XL dan Axiata nomor baru maupun lama. Kuota tambahan ini perinciannya 15 GB kuota utama dan 40 GB kuota untuk aplikasi chat.


Siswa Madrasah Mulai Terima Bantuan Kuota Internet untuk PJJ