Gandeng Pemprov dan Pusat, Machfud Janjikan MRT dan LRT Antarkota

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Gandeng Pemprov dan Pusat, Machfud Janjikan MRT dan LRT Antarkota


JawaPos.com–Persoalan transportasi publik dibahas dalam salah satu segmen di debat Pilwali Surabaya tahap kedua pada Rabu (18/11). Dalam bahasan tersebut, kedua paslon ditanya mengenai janji dan komitmen atas pembangunan transportasi publik.

Pasangan Calon Nomor Urut Satu Eri Cahyadi dan Armuji mengatakan, akan membangun bus listrik dengan tetap memberdayakan sopir angkutan umum.

”Supir angkutan umum akan kami berikan gaji bulanan. Kemudian akan kami gandeng menjadi driver bus listrik. Tentu dengan pendampingan dan bimbingan yang tepat. Sehingga pembangunan transportasi modern tidak mematikan pekerjaan pihak tertentu,” ujar Eri Cahyadi.

Sementara itu, Pasangan Calon Nomor Urut Dua Machfud Arifin mengatakan, akan bekerja sama dengan pemerintah pusat dan provinsi untuk membangun transportasi publik. ”Sesuai dengan Perpres Nomor 80 Tahun 2019 tentang transportasi publik, akan ada moda MRT dan LRT antarkota,” tutur Machfud Arifin.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sudah membahas mengenai transportasi antarkota bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Khofifah berencana membangun sejumlah moda transportasi yang terkoneksi di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Bangkalan, Mojokerto, dan Lamongan (Gerbang kertasusila). Transportasi yang akan dibangun, antara lain kereta api lokal (komuter), Lintas Raya Terpadu (LRT), serta Moda Raya Terpadu (MRT).

Machfud Arifin melihat laju pertambahan kendaraan di Jatim utamanya Surabaya cukup besar. Bahkan bisa satu juta kendaraan setiap tahun. ”Makanya itu perlu ada penambahan transportasi masal,” ujar Machfud.

”Ibu Gubernur sudah roadshow tapi karena covid terhenti. Kami akan back up betul, berkolaborasi dengan kepala daerah lain, gubernur dan wali kota,” tambah Machfud.

Saksikan video menarik berikut ini:


Gandeng Pemprov dan Pusat, Machfud Janjikan MRT dan LRT Antarkota