Afirmasi Perguruan Tinggi untuk Pemerintahan Desa Dimulai Agustus 2021

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Afirmasi Perguruan Tinggi untuk Pemerintahan Desa Dimulai Agustus 2021


JawaPos.com – Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan penandatanganan kesepahaman bersama (MoU) terkait dengan afirmasi kepada kepala desa hingga pendamping desa untuk meraih gelar sarjana.

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar mengatakan bahwa rencananya pada Agustus mendatang, program tersebut akan mulai berjalan. Hal ini juga telah dibicarakan dengan Mendagri Tito Karnavian.

“Mudah-mudahan Pak Mendagri, pada Agustus nanti, kemarin rumusannya sudah dibentuk tim untuk menyusun kurikulum, silabus dan termasuk prodi di bawah komando Rektor UGM yang kebetulan sebagai ketua Pertides (Forum Perguruan Tinggi Untuk Desa) dengan beberapa Rektor,” jelasnya dalam Penandatanganan Kesepahaman Bersama dan Pengukuhan Pengurus Forum PERTIDES secara daring, Rabu (10/2).

Ketika penyusunan tersebut telah selesai dilakukan, maka Kemendikbud melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) akan menjalankan tugas dari sisi pengelolaan perguruan tinggi. Sementara dari sisi pemerintah daerah, Kemendagri yang akan mengurusnya.

“Nanti kalau sudah selesai, kita dipayungi oleh Pak Dirjen Dikti (Nizam, Red). Nah, pelaksanaannya, tindak lanjutnya nanti urusan kepala desa tentu kewenangannya Pak Mendagri,” tutur Abdul Halim.

Melalui pihaknya, program ini akan disosialisasikan ke perangkat desa hingga pendamping desa bahwa pemerintah memiliki program masuk perguruan tinggi bagi mereka yang memiliki pengalaman dan berprestasi dalam jabatannya.

“Nanti saya yang akan ngomong seperti pendamping desa yang berprestasi,” jelasnya.

Terkait dengan dana, pemerintah akan mengurusnya, baik dari dana CSR ataupun dana pemerintah sendiri. “Nanti saya carikan dana dari CSR atau apa beasiswa untuk kuliah, kalau untuk kepala desa nanti Pak Mendagri yang memikirkan bagaimana kepala desa juga mendapatkan support, yang betul-betul berprestasi dikasih beasiswa oleh Pak Mendagri,” pungkasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:


Afirmasi Perguruan Tinggi untuk Pemerintahan Desa Dimulai Agustus 2021