Gubernur Ridwan Kamil Sebut Jabar Harus Punya 7 Ribu Puskesmas

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Gubernur Ridwan Kamil Sebut Jabar Harus Punya 7 Ribu Puskesmas


JawaPos.com–Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, Provinsi Jawa Barat harus memiliki sedikitnya 7.000-an puskesmas untuk melayani sekitar 50 juta penduduk. Hal itu merujuk pada rasio fasilitas pelayanan kesehatan masyarakat seperti di Thailand, yang dinilai mampu menurunkan penularan Covid-19.

”Kalau kita bicara Thailand sebagai perbandingan, di Thailand satu puskesmas untuk tujuh ribu warga. Di kita, satu puskesmas untuk 50 ribu warga. Jadi tujuh kali lipat. Maka kalau pakai teori Thailand Jabar harus punya 7.000 puskesmas,” kata Ridwan Kamil seperti dilansir dari Antara.

Gubernur berharap seluruh puskesmas di Jawa Barat bisa menjalankan fungsi secara optimal seperti Puskesmas Cikarang di Kecamatan Cikarang Utama, Kabupaten Bekasi.

”Mudah-mudahan bisa seperti Puskesmas Cikarang ini semuanya. Sebab, mayoritas puskesmas di Jabar itu kecil-kecil. Sudah kecil jumlahnya juga sedikit,” kata Ridwan Kamil.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana menambah jumlah puskesmas. Penambahan puskesmas, menurut Gubernur, tidak akan dilakukan dengan menggunakan alokasi dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Pemprov akan melibatkan badan usaha milik daerah (BUMD) dalam membangun puskesmas dan pemerintah kabupaten/kota dalam menyiapkan lahan untuk pembangunan puskesmas.

”Jadi saya ada cara membangun puskesmas tanpa APBD yaitu melakukan penugasan kepada BUMD saya yakni PT Jasa Sarana. Tugas dia membangun gedungnya, tapi tanahnya dari Pak Sekda,” terang Ridwan Kamil.

”Coba cari ada puluhan lokasi lagi, laporkan ke saya. Tahun ini saya bangun dengan pola seperti itu tanpa nunggu APBD,” tambah Ridwan Kamil.

Gubernur mengatakan, peraturan perundang-undangan memungkinkan penerapan skema pembangunan puskesmas semacam itu. ”Di Indonesia belum ada program penugasan ini. Perpresnya sudah ada, dasar hukumnya sudah ada. Jadi saya boleh menugaskan tanpa lelang kepada BUMD. Nanti BUMD yang nyari duit sendiri dan sebagainya. Tugas pemerintah adalah menyediakan lahan,” tutur Ridwan Kamil.

Mengenai ketersediaan rumah sakit, Gubernur mengatakan, Jawa Barat masih membutuhkan 25 rumah sakit baru untuk melayani seluruh penduduk.

”Mungkin Bekasi ada satu, kalau mau nanti juga sama, uangnya dari BUMD,” ucap Ridwan Kamil.

Saksikan video menarik berikut ini:


Gubernur Ridwan Kamil Sebut Jabar Harus Punya 7 Ribu Puskesmas