Para Pemain Brasil di Indonesia Jaga Kondisi dengan Futevolei

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Para Pemain Brasil di Indonesia Jaga Kondisi dengan Futevolei


JawaPos.com − Futevolei atau olahraga yang menggabungkan voli pantai dengan sepak bola cukup populer di Brasil. Dimainkan banyak orang. Kebiasaan itu kemudian dibawa Alberto Goncalves ke Indonesia.

Waktu memainkannya pun makin leluasa ketika kompetisi belum jelas juntrungannya. Tidak ada aktivitas rutin yang dilakukan pemain di lapangan. Padahal, mereka butuh menjaga kondisi fisik. ’’Selama ini cuma nge-gym terus. Jadi bosan,’’ kata pemain yang akrab disapa Beto itu kepada Jawa Pos.

Sedari awal, Beto ingin bermain futevolei. ’’Di Brasil, futevolei dimainkan oleh siapa pun. Termasuk pemain seperti Romario dan Neymar,’’ katanya.

Namun, dia sulit mencari lapangan. Sampai akhirnya, pada pekan lalu, dia tahu ada lapangan voli pantai di kawasan Surabaya Utara. Dia pun langsung mengajak rekannya dari Brasil untuk bermain. Seperti Jacksen F. Tiago hingga Marcus Vinicius Vidal.

Rutinitas bermain futevolei berlanjut pada Sabtu sore. Beto bersama tiga rekannya kembali bermain. Selain Beto, dua pemain lain punya darah Brasil. Yakni, Ciao Ruan (Arema FC) dan Kevin Gomes de Oliveira (Borneo FC). Satu pemain lain adalah mantan gelandang Borneo FC asal Prancis Julien Faubert.

Beto berpasangan dengan Faubert. Sedangkan Kevin dengan Ruan. Ditemani musik khas Samba, mereka tampak enjoy. ’’Futevolei ini bagus buat jaga kondisi. Saya dapat memperkuat agility, speed, heading, sampai jumping,’’ terang pemain 40 tahun itu.

Apalagi, mereka bermain selama tiga jam tanpa henti. Mulai pukul 15.00 sampai 18.00.

Selama itu, tidak ada pergantian pemain. Jumlah game juga tidak dihitung. Asal ada tim yang lebih dulu mencapai 18 poin, game dihentikan. Kemudian, mereka bertukar tempat sebelum permainan dilanjutkan lagi.

’’Makanya, futevolei ini bagus untuk menjaga fisik. Apalagi main di pasir lebih sulit daripada di rumput. Jadi, kami dapat power yang lebih,’’ ungkap Ruan.

Karena itu, saat Beto mengajak bermain futevolei, bek Arema FC itu sulit menolak. ’’Ini (futevolei) sering saya lakukan di Brasil. Semua orang suka permainan ini,’’ terang pemain 25 tahun itu. Dengan futevolei, dia yakin kondisi fisiknya akan semakin bagus. ’’Karena kami biasa lari di pasir, nanti saat lari di lapangan, langkah akan terasa lebih ringan,’’ ungkap Ruan.

Saat ini memang baru pemain Brasil yang rutin bermain futevolei. Tapi, Beto mengaku sudah mengontak beberapa pemain lokal yang bermukim di Surabaya untuk bergabung.

Di antaranya adalah koleganya di timnas Evan Dimas. ’’Dia (Evan) tertarik untuk ikut. Dia penasaran. Karena memang ini olahraga yang kurang familier di Indonesia,’’ kata Beto.


Para Pemain Brasil di Indonesia Jaga Kondisi dengan Futevolei