Bea Cukai Ungkap 177 Kasus Narkoba, Begini Kata DPR

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Bea Cukai Ungkap 177 Kasus Narkoba, Begini Kata DPR


JawaPos.com – Selama 2020 Bea Cukai berhasil menggagalkan 177 kasus penyeludupan narkoba lewat pintu masuk bandara. Mirisnya, kasus itu terjadi di tengah bangsa ini dilanda pandemi covid-19.

Kepala KPU Bea dan Cukai Tipe C Soekarno-Hatta Finari Manan mengatakan, di tengah pandemi pihaknya terus memperketat lalu lintas barang melalui negara. Hal itu untuk mengantisipasi adanya tindakan pelanggaran hukum.
“Di antara tugas itu ternyata masih ada pihak-pihak yang berupaya memanfaatkan kondisi seperti ini untuk menyelundupkan narkotika,” ujar Finari Manan kepada JawaPos.com, Sabtu (219/9).

Finari Manan menegaskan bahwa pemberantasan narkotika ini bukan hanya tugas aparat hukum semata yang bekerja selama 24 jam. Baik itu bea cukai, kepolisian, atau badan nasional narkotika (BNN).

“Kami juga butuh peran aktif masyarakat dalam membendung peredaran narkotika demi melindungi generasi penerus bangsa,” imbuhnya.

Dia menyebut bahwa peran Bea Cukai bukan hanya tegas dalam pencegahan barang terlarang, tapi juga mendukung peningkatan ekonomi nasional. Sehingga, berbagai upaya penyelundupan yang sangat merugikan negara dapat ditindak.

Di sisi lain, kinerja Bea Cukai ini diapresiasi Komisi XI DPR. Anggota Komisi XI DPR Kamrussamad menyebut, secara jumlah kasus penggagalan penyelundupan narkoba yang berhasil digagalkan Bea Cukai pada 2020 meningkat dibanding 2019. Maka, tidak ada salahnya petugas Bea Cukai di lapangan yang bekerja selama Covid-19 patut diberi apresiasi.

“Kerja mereka melebihi panggilan tugas dengan segala risiko,” ujar anggota Fraksi Partai Gerindra itu.

Kamrussamad mendorong Bea Cukai untuk terus meningkatkan penerimaan negara melalui bea masuk dan bea keluar. “Semua itu perlu dukungan ekosistem petugas TNI/Polri, petugas karantina di lingkungan Bandara Soetta agar sinerginya semakin baik.”

Saksikan video menarik berikut ini:


Bea Cukai Ungkap 177 Kasus Narkoba, Begini Kata DPR