Belasan Warga Ponorogo Terkonfirmasi Positif Covid-19

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Belasan Warga Ponorogo Terkonfirmasi Positif Covid-19


JawaPos.com–Sebanyak 16 warga di lingkungan Tonatan, Ponorogo, Jawa Timur, terkonfirmasi positif Covid-19. Sebanyak 11 kasus di antaranya berstatus kontak erat dari pasien yang telah teridentifikasi sebelumnya.

”Sembilan kasus di antaranya bahkan tertular dari satu pasien kasus nomor 163, setelah tim epidemologi kami melakukan tracing atau penelusuran terhadap orang-orang yang sempat berhubungan dekat dengan pasien,” kata Bupati Ponorogo Ipong Muchlisoni seperti dilansir dari Antara.

Persebaran kasus dari pasien nomor 263 itu, sebut Ipong, merupakan konsekuensi dari ketidakpatuhan warga terhadap anjuran pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Alih-alin menerapkan isolasi mandiri dengan baik, keluarga dari wilayah lain justru membezuk dengan cara mendatangi langsung ke rumah pasien 263 dengan maksud memberikan dukungan moral.

”Yang seperti ini tidak akan terjadi jika protokol isolasi mandiri dapat diterapkan dengan disiplin. Jika ada keluarga yang sakit, dukungan yang paling tepat adalah mendoakan dari jauh. Kalaupun harus datang, seperlunya saja dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata Ipong.

Selain itu, lanjut dia, kasus baru ditemukan dari warga yang melakukan tes cepat Covid-19 secara mandiri di rumah sakit setempat yang telah memiliki sarana mesin pembaca sampel tes usap PCR. Ada juga dua pasien nomor 285 dan 292 yang memiliki riwayat penyakit dan dinyatakan suspect atau probable Covid-19. Setelah diambil sampel lendir menggunakan alat tes usap PCR, hasil uji laboratorium dinyatakan positif korona.

Ipong juga mengabarkan, pada saat yang sama ada 14 pasien konfirmasi Covid-19 yang dinyatakan sembuh. Total kasus Covid-19 di Kabupaten Ponorogo hingga 4 September, ada 292 orang dan isolasi sebanyak 43 orang. ”Dari kasus-kasus tersebut, tampak bahwa pentingnya disiplin menerapkan protokol kesehatan. Di antaranya jaga jarak, pakai masker, dan cuci tangan,” kata Ipong.

Saksikan video menarik berikut ini:


Belasan Warga Ponorogo Terkonfirmasi Positif Covid-19