Pemprov Riau Biayai Sewa Hotel untuk Perawatan Pasien Covid-19

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pemprov Riau Biayai Sewa Hotel untuk Perawatan Pasien Covid-19


JawaPos.com–Pemprov Riau akan mengalokasikan dana untuk menyewa sejumlah hotel berbintang dua dan tiga untuk merawat pasien Covid-19 tanpa gejala. Hal ersebut untuk mencegah penularan dari klaster keluarga.

”Pembiayaan dari APBD,” kata Gubernur Riau Syamsuar seperti dilansir dari Antara di Pekanbaru. Syamsuar melakukan peninjauan sejumlah hotel di Pekanbaru yakni di Hotel Grand Suka dan Hotel Mutiara Merdeka di Pekanbaru yang akan menjadi lokasi perawatan pasien Covid-19 pada Rabu (16/9).

Dia mengatakan, hotel tersebut akan digunakan untuk merawat pasien tanpa gejala, karena menilai isolasi mandiri di rumah-rumah tidak efektif untuk memutus mata rantai Covid-19.

Sebelumnya, Satgas Covid-19 Riau juga sudah menyiapkan ruang isolasi untuk pasien tanpa gejala di Rusunawa, Diklat Pengembangan SDM Riau, Bapelkes Riau, dan asrama haji. Namun, ruang isolasi yang tersedia belum mencukupi dengan penambahan kasus baru yang terjadi saat ini.

”Ruang isolasi yang ada memang belum penuh. Namun, ini untuk antisipasi karena sekarang yang banyak adalah pasien tanpa gejala,” ujar Syamsuar.

Kepala Dinas Kesehatan Riau Mimi Yuliani Nazir menambahkan, ruang isolasi untuk pasien tanpa gejala di Pekanbaru sudah mulai digunakan. Seperti di Rusunawa Pekanbaru ada 20 orang pasien yang dirawat di sana. Namun, dari kapasitas 180 tempat tidur, belum semuanya bisa digunakan. Sementara itu, kapasitas di Diklat SDM Riau tersedia 80 tempat tidur dan Bapelkes Riau ada 72 tempat tidur.

Juru Bicara Covid-19 Indra Yovi menyatakan, yang perlu diperhatikan untuk ruang isolasi pasien Covid-19 adalah ventilasi udara dan harus benar-benar terpisah dari orang yang sehat.

”Jangan sampai ruang isolasi di luar rumah sakit malah menjadi klaster penularan baru. Sebenarnya untuk hotel yang merawat pasien bisa tetap menerima tamu lain, tapi harus benar-benar dipisahkan ruangannya,” kata Indra Yovi.

Dia mengatakan, langkah yang diambil Satgas Covid-19 Riau sudah tepat sehingga pasien tanpa gejala bisa dirawat di fasilitas yang disediakan, untuk mencegah muncul makin banyak klaster penularan keluarga.

”Untuk pasien yang tidak bisa isolasi mandiri karena tidak ada tempat yang layak di rumah, bisa menggunakan tempat yang disediakan supaya tidak makin banyak klaster keluarga,” ujar Indra Yovi.

Saksikan video menarik berikut ini:


Pemprov Riau Biayai Sewa Hotel untuk Perawatan Pasien Covid-19