Risma Siapkan Tes Swab Gratis di Labkesda Surabaya

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Risma Siapkan Tes Swab Gratis di Labkesda Surabaya


JawaPos.com–Komitmen Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini untuk menyediakan tes swab bagi warga Surabaya dibuktikan dengan peresmian Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) di Jalan Gayungsari. Labkesda itu menyediakan tes swab gratis bagi warga yang sering melakukan perjalanan luar kota.

”Labkesda dibangun untuk tes swab warga seperti sopir atau pengusaha yang sering ke luar kota dan mungkin datangnya malam-malam. Saya harap sebelum masuk rumah tes dulu di sini. Biayanya untuk warga Surabaya gratis,” tutur Risma.

Sementara itu, bila warga luar kota ingin melakukan tes swab bisa membayar tes senilai Rp 120.000. Labkesda akan beroperasi selama 24 jam. Siapapun yang datang, baik warga Surabaya maupun bukan, bisa melakukan tes.

Risma menambahkan, Labkesda mampu menampung ribuan sampel. ”Sebetulnya kapasitas 2.000–4.000 sehari. Cuma kita testingnya 1.000–2.000, karena mengumpulkan orang juga tidak mudah. Meskipun tiap hari ada data yang harus kita testing,” terang Risma.

Untuk hasil tes sendiri bisa diketahui 2–3 hari. Namun, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berupaya untuk mempercepat uji sampel. Tujuannya untuk warga Surabaya yang sering bepergian ke luar kota, mereka bisa mengetahui hasilnya lebih cepat.

”Misalnya, warga Surabaya yang bekerja menjadi driver. Kemudian pulang dari luar kota. Saya harap bisa ke sini dulu untuk tes. Alatnya sudah disiapkan, paling lama 1–1,5 jam. Jadi bisa ditunggu,” ujar Risma.

Risma mengatakan, bila tes swab negatif, warga bisa langsung pulang. ”Namun kalau positif, langsung isolasi ke Asrama Haji,” kata Risma. Pihaknya sudah menyiapkan dokter untnuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut kepada yang bersangkutan.

Tidak sampai di situ, bila warga memiliki penyakit penyerta (komorbid), yang bersangkutan diberikan perawatan di rumah sakit. ”Di Asrama Haji untuk Orang Tanpa Gejala. Kalau ada komorbid langsung ke rumah sakit,” tutur Risma.

Saksikan video menarik berikut ini:


Risma Siapkan Tes Swab Gratis di Labkesda Surabaya