Tes Swab Seluruh Petugas KPU, Pemkot Surabaya Siapkan Tracing

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Tes Swab Seluruh Petugas KPU, Pemkot Surabaya Siapkan Tracing


JawaPos.com–Langkah cepat langsung diambil Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya untuk melakukan tes swab kepada petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya. Tes dilakukan pada Jumat (11/9) di Gelora Pancasila.

Menurut Wakil Koordinator Hubungan Masyarakat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya M. Fikser, Pemkot sudah melakukan tes swab pada setengah dari jumlah keseluruhan pegawai KPU.

”Jadi yang pertama untuk komisioner, sudah melakukan swab secara mandiri. Sedangkan untuk seluruh petugas yang ada di sekretariat di KPU sekitar 46 orang,” ujar Fikser pada Jumat (11/9).

Fikser menambahkan, tes akan dilakukan secara bertahap. ”Dari 46 orang itu, separo sudah dilakukan hari ini (11/9), Sabtu juga dilakukan separonya, dilaksanakan di Gelora Pancasila,” kata Fikser.

Selanjutnya, hasil swab akan diterima petugas KPU dalam waktu tiga hari. Usai hasil diterima, mereka akan mendapatkan penanganan lanjutan. ”Kalau hasil itu rata-rata ketahuan sekitar dua hingga tiga hari, dia sudah tahu. Tapi data itu kan harus terkirim ke kementerian, dari sana dikirim ke provinsi, dari provinsi lalu ke pemkot,” terang Fikser.

Ketika ditanya mengenai kelanjutan proses pemilihan wali kota (pilwali), Fikser belum dapat memastikan. Hal tersebut terkait hasil tes swab seluruh anggota KPU Surabaya. ”Kita belum sampi kesana. Akan ada diskusi dalam satgas.  Jadi yang telah kita lakukan adalah melakukan swab kepada seluruh petugas KPU Kota surabaya,” tegas Fikser.

Menurut Fikser, sudah menyiapkan proses tracing bila ada petugas KPU yang dinyatakan positif. ”Pastinya pemkot melakukan tracing, seperti yang dilakukan selama ini. untuk memutus rantai persebaran Covid-19,” ujar Fikser.

Sementara itu, Ketua KPU Nur Syamsi mengatakan, tes swab akan dilakukan pada seluruh petugas KPU. Dia menambahkan, sebelumnya KPU telah melakukan pengecekan kesehatan berkala tiap bulan. ”Swab dilakukan berkala. Ini termasuk program berkala,” ujar Nur Syamsi.

Saksikan video menarik berikut ini:


Tes Swab Seluruh Petugas KPU, Pemkot Surabaya Siapkan Tracing