Upaya Pengendalian Banjir, Jakarta Masifkan Kegiatan Gerebek Lumpur

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Upaya Pengendalian Banjir, Jakarta Masifkan Kegiatan Gerebek Lumpur


JawaPos.com – Dalam beberapa hari ke belakang hujan mulai mengguyur wilayah DKI Jakarta. Pada Senin (21/9) petang, bendungan Katulampa Bogor bahkan sempat berada pada status siaga 1. Kondisi ini tentu harus menjadi perhatian khusus Pemprov DKI Jakarta dalam mempersiapkan diri ketika banjir melanda.

Sebagai langkah pengendalian banjir, Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta mengadakan kegiatan Gerebek Lumpur. Kegiatan ini merupakan pengerukan lumpur yang dilakukan secara masif di danau, sungai, dan waduk di Jakarta. Cara ini bisa menghambat proses pendangkalan yang bisa mengurangi daya tampung terhadap air.

Pada fase pertama, kegiatan Gerebek Lumpur dilaksanakan di Waduk Ria Rio, Pulo Gadung, Jakarta Timur pada Senin (21/9). Sebanyak 15 alat berat berupa ekskavator dikerahkan untuk melakukan pengerukan lumpur.

Kepala Dinas SDA DKI Jakarta, Juaini mengatakan, pengerukan lumpur seperti ini sudah diterapkan sejak Maret 2020. “Kegiatan ini kita lakukan secara masif. Mulai dari saluran mikro, saluran makro, kali-kali PHB, kali-kali besar maupun waduk. Ini kita lakukan untuk mencegah atau pun mengurangi adanya genangan nanti pada musim hujan,” ucapnya.

Ia menilai, pandemi Covid-19 tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak bekerja. Sebab, masyarakat membutuhkan hasil kerja dari pengendalian banjir.

“Saya tetap mengimbau kepada teman-teman yang bertugas supaya tugas ini tetap dilaksanakan dengan semangat dan disiplin yang tinggi. Serta jaga kesehatan,” tambah Juaini.

Kegiatan Gerebek Lumpur akan dilaksanakan secara berkelanjutan. Pada fase selanjutnya, kegiatan akan dilakukan di sungai, waduk, dan danau di DKI Jakarta lainnya. Selain itu, dalam upaya pencegahan banjir, Dinas SDA juga telah melakukan pembangunan sumur resapan, optimalisasi alat berat, serta penyiagaan sekitar 8.000 personel Pasukan Biru.


Upaya Pengendalian Banjir, Jakarta Masifkan Kegiatan Gerebek Lumpur