5 Minuman Terbaik Bagi Pasien Diabetes Agar Gula Darah Tetap Stabil

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

5 Minuman Terbaik Bagi Pasien Diabetes Agar Gula Darah Tetap Stabil


JawaPos.comHari Diabetes Sedunia setiap 14 November bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan efek diabetes dan komplikasi yang disebabkannya. Salah satu intervensi yang bisa dilakukan oleh pasien diabetes adalah menghindari asupan makanan dan minuman manis.

Ahli diet Mbali Mapholi dari India, memberikan daftar minuman sehat yang bisa dikonsumsi penderita diabetes. Mapholi mengatakan, ada pertimbangan yang relevan saat diabetesi memilih minuman. Dia mengatakan pertimbangan utama adalah profil nutrisi minuman dengan fokus khusus pada jumlah gula dalam minuman. Namun penting untuk berkonsultasi lebih jauh pada dokter atau ahli nutrisi Anda.

“Penderita diabetes perlu memantau kadar gula darahnya dengan hati-hati untuk menghindari lonjakan gula darah. Glukosa disebut juga berasal dari makanan dan minuman yang mengandung gula,” ujarnya seperti dilansir dari Independent Online, Minggu (15/11).

1. Air Mineral

Air putih atau air mineral selalu menempati posisi nomor satu sebagai salah satu minuman tersehat yang dapat diminum siapa pun, termasuk penderita diabetes. Air tidak meningkatkan kadar gula darah. Sebab kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan dehidrasi. Air sangat baik untuk hidrasi, dan minum cukup air dapat membantu tubuh menghilangkan kelebihan glukosa melalui urin. Anda dapat meningkatkan rasa air dengan mencampurkan air dengan jus dari buah jeruk, seperti jeruk nipis dan lemon, atau percikan 100 persen jus cranberry.

2. Teh

Teh seperti rooibos, teh hitam, teh hijau, dan teh oolong mengandung polifenol yang diyakini peneliti dapat meningkatkan aktivitas insulin. Peminum teh yang menderita diabetes perlu lebih memperhatikan gula yang mereka tambahkan ke teh mereka, teh tanpa pemanis paling baik untuk penderita diabetes. Untuk rasa yang menyegarkan, buat es teh sendiri dengan menggunakan teh dingin yang nikmat, dan tambahkan beberapa potong lemon.

3. Susu

Susu sapi bisa menjadi minuman yang sehat, segelas susu terhitung untuk tiga porsi produk susu sehari. Susu mengandung vitamin dan mineral penting, tetapi memang menambahkan karbohidrat ke dalam makanan. Yang terbaik adalah memilih susu tanpa pemanis, rendah lemak, atau skim.
Pilihan alternatif susu rendah gula dan bebas susu tanpa pemanis, seperti susu kedelai juga ditoleransi. Kebanyakan susu kacang tanpa pemanis memiliki sedikit karbohidrat.

4. Jus sayur dan buah

Sayuran non-tepung yang dibuat jus memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dan mengandung lebih sedikit karbohidrat daripada jus buah. Jus buah (100 persen jus) mengandung vitamin dan mineral dan 150ml menyediakan satu porsi dari lima sehari. Penting untuk diperhatikan bahwa makan buah atau sayuran utuh tetap lebih disukai daripada minum jus sayur. Tapi, sayuran dan buah-buahan yang dijus dapat berperan dalam pola makan yang sehat, terutama jika jus sayuran dan buah-buahan tidak menggantikan pilihan sayuran dan buah utuh.

5. Minuman ringan bebas gula

Kebanyakan minuman ringan bebas gula mengandung 99 persen air. Minuman rendah kalori ini juga harus dikonsultasikan dulu pada ahli nutrisi.

Saksikan video menarik berikut ini:


5 Minuman Terbaik Bagi Pasien Diabetes Agar Gula Darah Tetap Stabil