Akhir Pekan, 8 Ribu Wisatawan Kunjungi Banyuwangi

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Akhir Pekan, 8 Ribu Wisatawan Kunjungi Banyuwangi


JawaPos.com–Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mencatat sekitar 8.000 wisatawan mengunjungi sejumlah objek wisata di Banyuwangi pada Sabtu (31/10) dan Minggu (1/11).

”Tapi Kamis (29/10), wisatawan tembus 14.000 orang. Tren ini terus naik setiap hari selama liburan cuti bersama pekan ini. Kami terus memperbarui data dari masing-masing pengelola objek wisata,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi M.Y. Bramuda seperti dilansir dari Antara di Banyuwangi.

Dia menjelaskan, ribuan wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi pada liburan itu didominasi dari luar daerah. Mereka mengunjungi objek favorit di Banyuwangi, seperti Pantai Pulau Merah, Bangsring Underwater, dan Agrowisata Tamansuruh.

Maya Subagio, pemilik Didu’s Homestay Banyuwangi, mengaku pada liburan panjang huniannya terisi penuh tamu-tamu dari luar kota. Mereka menghabiskan masa liburan di homestay pinggiran Desa Rejosari, Kecamatan Glagah, tersebut. ”Banyak tamu luar kota yang sudah memesan kamar kami sejak beberapa hari sebelumnya. Kami yakin, kondisi pariwisata di Banyuwangi mulai berangsur pulih, sehingga membawa rezeki bagi kami, homestay yang dimiliki rakyat,” ujar Maya.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Banyuwangi Zaenal Muttaqin menjelaskan, lonjakan hunian kamar di sejumlah hotel di daerah berjuluk The Sunrise of Java itu terjadi sejak 28 Oktober, dan terus melonjak naik selama masa liburan.

”Tercatat 28 hingga 30 Oktober 2020, Aston Hotel mengalami peningkatan hunian paling tinggi sejak pandemi, hingga 97 persen. hotel-hotel lain 70 hingga 90 persen, dan bahkan hotel-hotel melati juga meningkat okupansinya,” kata Zaenal.

Zaenal mengaku optimistis okupansi akan terus meningkat dan angka yang fantastis untuk capaian selama lima hari ini (libur panjang cuti bersama).

Sementara itu, PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Banyuwangi, Jawa Timur, mencatat terjadi lonjakan penumpang pada saat libur panjang cuti bersama Maulid Nabi Muhammad di Bandara Banyuwangi pada Minggu (1/11). Executive General Manager Bandara Banyuwangi Cin Asmoro menyebutkan, jumlah penumpang di keberangkatan dan kedatangan mencapai 683 orang dengan jumlah pergerakan pesawat udara 12 keberangkatan dan kedatangan.

”Jumlah penumpang melebihi dari hari pertama cuti bersama pada Rabu (28/10), yang hanya 403 penumpang untuk keberangkatan maupun kedatangan,” ujar Cin Asmoro.

PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Banyuwangi dan seluruh pemangku kepentingan lain, lanjut dia, telah melakukan berbagai persiapan terkait dengan pelayanan pada cuti bersama, sehingga puncak arus balik dengan penerapan protokol kesehatan dapat berjalan dengan baik. Penerapan jarak fisik dijaga, personel fokus mengantisipasi di sejumlah area keberangkatan, pemeriksaan suhu tubuh, dokumen penerbangan, check-in counter, boarding lounge, dan area kedatangan, pemeriksaan E-HAC, serta pengawasan di ruangan pusat operasi (terminal operation center/TOC).

”Kami berkomitmen untuk menjalankan protokol kesehatan secara ketat, yaitu dengan membagikan masker kepada para penumpang dan pengunjung di Bandara Banyuwangi,” tutur Cin Asmoro.

Saksikan video menarik berikut ini:


Akhir Pekan, 8 Ribu Wisatawan Kunjungi Banyuwangi