BMKG Juanda Sebut Sebagian Wilayah Jatim Berpotensi Angin Kencang

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

BMKG Juanda Sebut Sebagian Wilayah Jatim Berpotensi Angin Kencang


JawaPos.com–Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memprediksikan sebagian wilayah di Jawa Timur berpotensi terjadi hujan lebat disertai dengan angin kencang selama tiga hari ke depan.

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto mengatakan, pihaknya meminta kepada masyarakat untuk mewaspadai angin kencang dan hujan lebat. ”Rabu (11/11), perlu diwaspadai terjadinya angin kencang di wilayah Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Malang, dan Batu,” kata Teguh Tri Susanto seperti dilansir dari Antara.

Dia mengatakan, untuk Kamis (12/11) pada siang dan sore hari perlu diwaspadai hujan lebat disertai angin kencang di wilayah Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo. Sedangkan pada Jumat (13/11), perlu diwaspadai terjadi angin kencang disertai hujan lebat di wilayah Bojonegoro, Nganjuk, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, dan Blitar.

Dia mengatakan, berdasar pantauan pos hujan, pihaknya melaporkan peta distribusi hujan dasarian I November 2020 dan peta prakiraan curah hujan dasarian II November 2020 di Provinsi Jawa Timur.

”Hari tanpa hujan (HTH) berturut-turut di wilayah Jawa Timur pada umumnya kriteria masih ada hujan hingga pendek,” terang Teguh Tri Susanto.

Dia menjelaskan, distribusi curah hujan dasarian I November 2020 di Provinsi Jawa Timur pada umumnya kriteria rendah hingga menengah. Terjadi curah hujan lebih besar dari 300 mm di sebagian kecil Kabupaten Ngawi, Pacitan, Blitar, dan Trenggalek.

”Curah hujan dasarian II November, Provinsi Jawa Timur (deterministik) diprakirakan berkisar 21–100 mm dengan peluang (probabilistik) lebih dari 50 persen,” ucap Teguh Tri Susanto.

Dia mengatakan, waspada untuk sebagian kabupaten sudah lebih dari 60 hari berturut-turut tidak mengalami hujan dengan kriteria Kekeringan ekstrem di Kabupaten Banyuwangi dan Situbondo. ”Kami berharap masyarakat lebih berhati-hati saat peralihan musim seperti sekarang ini dan mewaspadai kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi,” tutur Teguh Tri Susanto.

Saksikan video menarik berikut ini:


BMKG Juanda Sebut Sebagian Wilayah Jatim Berpotensi Angin Kencang