Mindset Berubah, Anak Muda Papua sudah Berani Keluar dari Zona Nyaman

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Mindset Berubah, Anak Muda Papua sudah Berani Keluar dari Zona Nyaman


JawaPos.com – Pendidikan mempengaruhi mindset seseorang. Semakin tinggi pendidikannya, maka semakin berani mereka menghadapi tantangan dan keluar dari zona nyaman.

Perkembangan pola pikiran itu juga sudah terjadi bagi pemuda asal Papua. Mereka kini semakin banyak mengenyam pendidikan tinggi dan tidak lagi harus bergantung menjadi pegawani negeri sipil (PNS).

Direktur Institute Kalaway Muda Nanny Uswanas menyebut bahwa pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang pendidikan di Papua dan Papua Barat mengalami peningkatan. Peningkatan itu di antaranya dipengaruhi lancarnya dana otonomis khusus (Otsus) dari pemerintah.

“Sejauh ini dampak Otsus terhadap Tanah Papua di sektor pendidikan sudah banyak teman-teman Papua menjadi sarjana, dan lainya, mereka dapat beasiswa dari Otsus Pemerintah Pusat,” kata Nanny Uswanas dalam diskusi Webinar Manfaat Otsus Bagi Pendidikan dan Pengembangan Pemuda Papua, Jumat (6/11) malam.

Dengan sudah banyak yang mengenyam pendidikan tinggi, kata Nanny Uswanas, anak-anak Papua sudah banyak yang keluar dari zona nyaman. Mereka mengikuti perkembangan zaman dan tidak terpaku menjadi PNS. Sudah banyak menjadi wirausaha, enterpreneur, dan lainnya.

“Teman-teman sudah banyak keluar dari zona nyaman. Mereka sudah banyak yang menjadi seperti enterpenuer, Komika, Youtuber, dan lainya. Ini dampak kebijakan dari Otsus yang sudah terlihat,” kata dia.

Nanny Uswanas menegaskan lagi bahwa pendidikan di Papua sudah berkembang dan telah mengubah mindsed kaum muda setempat. Mereka banyak memiliki talenta baik.

Baca juga:

Tokoh Pemuda Papua Ali Kabiay menilai dana Otsus untuk Papua selama ini sudah berhasil. Pengelolaannya berjalan dengan baik dan membangun SDM Papua. “Otsus Papua tidak gagal,” ucap Ali.

Ali meminta dana Otsus harus disalurkan dengan baik dan tepat sasaran bagi generasi penerus anak-anak Papua. Otsus ini dikelola oleh Pemprov Papua. Dana Otsus itu harus dimanfaatkan dengan baik dan evaluasi.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 


Mindset Berubah, Anak Muda Papua sudah Berani Keluar dari Zona Nyaman