Selain Todd Ferre, Bek Sayap Persija Juga Incar Bermain di Luar Negeri

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Selain Todd Ferre, Bek Sayap Persija Juga Incar Bermain di Luar Negeri


JawaPos.com – Ketidakjelasan kompetisi di Indonesia membuat hampir seluruh pesepak bola Indonesia kalang kabut. Nah, di tengah ketidakjelasan itu, beberapa pemain dikabarkan tengah menjalin komunikasi dengan tim luar negeri.

Yang sudah pasti adalah Todd Rivaldo Ferre yang dipinjam klub Liga 2 Thailand Lampang FC.

Keputusan Todd Ferre untuk mencari tantangan baru di luar negeri mendapat banyak dukungan. Ketua Umum Persipura Benhur Tomi Mano menyatakan mendukung penuh. ’’Saya ingin pemain berkembang dan menambah pengalaman,’’ ucapnya.

Apalagi, tidak ada kompetisi di Indonesia. Hal itu bisa dimanfaatkan Todd untuk terus mengasah kemampuannya. Dengan bergabung dengan Lampang FC, otomatis Todd Ferre juga akan kembali mendapatkan penghasilan.

Seperti diketahui, selama pandemi, pendapatan pemain di Liga Indonesia terpangkas habis-habisan.

Selain Todd Ferre, pesepak bola yang sudah terang-terangan ingin berkarir di luar negeri adalah bek sayap kiri Persija Jakarta Rezaldi Hehanusa. Pemain yang akrab disapa Bule itu menargetkan musim depan bisa mendapatkan klub di luar negeri.

Pengamat sepak bola Tommy Welly mengaku senang dengan adanya kemauan pemain Indonesia untuk berkarir di luar negeri. Selain faktor ekonomi, untuk saat ini, dia melihat tidak ada asa yang harus ditunggu para pesepak bola nasional dari kompetisi.

’’Sudah dua kali penundaan, Februari tahun depan juga belum jelas apakah akan ada kompetisi atau tidak,’’ ungkapnya.

Menurut dia, jika ada akses untuk bermain ke luar negeri, harus diambil. Sebab, dari sisi kemampuan, sepak bola Asia Tenggara tidak jauh berbeda. ’’Jadi bisa bersaing. Step-by-step, baru nanti ke tingkat yang lebih tinggi,’’ ujarnya.

Dia mengapresiasi keputusan Persipura untuk meminjamkan Todd Ferre ke klub divisi kedua Thailand. Selain membantu sang pemain untuk terus mengasah permainan, hal itu sangat penting bagi karir Todd di masa depan.

’’Jika bisa sukses, bukan hal mustahil jika bermain di Thailand bisa jadi jalan untuk terus berkarir di luar negeri,’’ ungkapnya.

Ketua Umum PSSI Moch. Iriawan juga sependapat. Malah, dia meminta pesepak bola Indonesia, khususnya pemain muda, tidak perlu ragu untuk memutuskan bermain di luar negeri.

Menurut dia, PSSI ikut bangga jika ada pesepak bola yang sukses di luar negeri seperti Yanto Basna.

Selain itu, jika banyak pesepak bola Indonesia bermain di luar negeri, justru itu akan membantu kemajuan timnas Indonesia. Dia berkaca pada sepak bola Korea Selatan dan Jepang yang mengekspor banyak pemainnya ke luar negeri.

’’Saya pribadi mendorong hal tersebut selayaknya pemain Jepang atau Korea Selatan yang sukses bermain di luar negeri,’’ paparnya.


Selain Todd Ferre, Bek Sayap Persija Juga Incar Bermain di Luar Negeri