Warga Kelompok Rentan di Lereng Gunung Merapi Telah Diungsikan

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Warga Kelompok Rentan di Lereng Gunung Merapi Telah Diungsikan


JawaPos.com–Sebanyak 129 warga kelompok rentan di kawasan lereng Gunung Merapi, khususnya di Dusun Kalitengah Lor, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta telah diungsikan ke Balai Desa Glagaharjo, Cangkringan, menyusul peningkatan status gunung itu menjadi siaga.

”Mereka telah dievakuasi mulai Sabtu (7/11) sore,” kata Koordinator Bidang Operasi Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jogjakarta Endro Sambodo seperti dilansir dari Antara di Jogjakarta.

Menurut Endro, kelompok rentan itu terdiri atas 31 balita, tiga orang ibu hamil, serta 95 lansia yang dua di antaranya merupakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan lima orang disabilitas.

Selain di Balai Desa Glagaharjo, Cangkringan, sebagian warga kelompok rentan itu diungsikan ke gedung SD dan TK yang berlokasi di sebelah Balai Desa Glagaharjo. ”Mereka telah difasilitasi dengan dapur umum yang dikelola posko desa didampingi relawan dan Tagana,” terang Endro Sambodo.

Sementara itu, untuk warga di Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, proses evakuasi baru difokuskan untuk hewan ternak. ”Untuk Umbulharjo baru ternak yang diturunkan,” tutur Endro Sambodo.

Menurut Endro, evakuasi terhadap warga di kawasan rawan bencana (KRB) III atau lima kilometer dari puncak Gunung Merapi dilakukan secara menyeluruh apabila status telah kembali meningkat menjadi awas. Tim TRC BPBD Jogjakarta, saat ini memiliki tugas untuk mendampingi warga kawasan lereng Merapi sektor barat yakni di Desa Wonokerto, Girikerto, dan Purwobinangun, sektor tengah yakni Desa Hargobinangun, Umbulharjo, serta Kepuharjo, dan sektor timur yakni Purwobinangun.

”Kami melakukan asistensi atau pendampingan terkait penyusunan rencana operasi dan pelaksanaan untuk kesiapsiagaan bencana,” papar Endro Sambodo.

Saksikan video menarik berikut ini:


Warga Kelompok Rentan di Lereng Gunung Merapi Telah Diungsikan