KPU Kota Blitar Jadwalkan Tes Pemeriksaan Kesehatan Tiga Hari

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

KPU Kota Blitar Jadwalkan Tes Pemeriksaan Kesehatan Tiga Hari


JawaPos.com–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar mengungkapkan, jadwal tes pemeriksaan untuk pasangan calon peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Blitar, Jawa Timur, akan digelar selama tiga hari. Yakni 8–10 September.

Ketua KPU Kota Blitar Choirul Umam menjelaskan, jadwal tes pemeriksaan kesehatan jasmani pasangan Henry-Yasin digelar pada 8 September. Untuk tes pemeriksaan kesehatan rohani pasangan Santoso-Tjutjuk dan pasangan Henry-Yasin digelar bersamaan pada 9 September dan tes pemeriksaan kesehatan jasmani pasangan Santoso-Tjutjuk pada 10 September.

Dia mengatakan, seluruh jadwal dan agenda tes kesehatan tersebut dilakukan di bawah koordinasi Tim Kesehatan Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang. Proses pemeriksaan tersebut juga dilakukan dengan penerapan standar protokol pencegahan Covid-19 yang ditetapkan dalam SOP RSSA.

”Termasuk peraturan bahwa masing-masing bakal pasangan calon hanya diperbolehkan didampingi satu orang pendamping yang sebelumnya wajib menjalani tes swab di laboratorium yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan,” ucap Choirul Umam.

Sementara itu, proses pemeriksaan kesehatan rohani dilakukan di Ruang Majapahit RS Saiful Anwar Malang pada Rabu (9/9).

Dalam proses tes kesehatan tersebut, juga hadir Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM Rangga Bisma Aditya dan Divisi Pencegahan, Hubungan Masyarakat (Humas) dan Hubungan Antarlembaga (Hubal) Bawaslu Kota Blitar Abdul Azis Al Kaharudin, yang datang untuk melakukan pengawasan melekat (waskat) dalam kegiatan tersebut.

Dalam tes tersebut hadir berurutan bakal calon kepala daerah di Kota Blitar, yakni Tjutjuk Sunario, Yasin Hermanto, lalu Santoso, dan Henry Pradipta Anwar.

KPU Kota Blitar telah menerima pendaftaran dua pasangan calon peserta pilkada, yakni pasangan Calon Wali Kota dan Calon Wakil Wali Kota Blitar Santoso dan Tjutjuk Sunario serta pasangan Henry Pradipta Anwar dan Yasin Hermanto.

Sementara itu, dua pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Blitar juga ikut tes kesehatan di RSSA Malang. Pemeriksaan Kesehatan dijadwalkan KPU Kabupaten Blitar pada 8–11 September.

”Alhamdulillah proses pemeriksaan kesehatan berjalan lancar. Kami dapat jadwal awal dari RSSA, 8 September. Kedua pasangan itu mengikuti pemeriksaan jasmani dan bebas narkoba dan pada 9 September mengikuti serangkaian tes psikologi/rohani,” kata Ketua KPU Kabupaten Blitar Hadi Santosa.

Hadi menambahkan, pada Rabu (9/9) sore kemungkinan besar semua proses pemeriksaan kesehatan kedua pasangan calon tersebut bisa selesai. ”Dan hasilnya akan kita sampaikan tanggal 12 setelah kami mendapatkannya dari RSSA Malang,” ujar Hadi.

Saksikan video menarik berikut ini:


KPU Kota Blitar Jadwalkan Tes Pemeriksaan Kesehatan Tiga Hari