Raditya Dika Beberkan Rahasia Kumpulkan Dana Pensiun di Usia Muda

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Raditya Dika Beberkan Rahasia Kumpulkan Dana Pensiun di Usia Muda


JawaPos.com – Penulis buku sekaligus komika Raditya Dika mengumpulkan dana pensiun sejak usia 20-an tahun. Raditya menargetkan dana pensiun miliknya akan terpenuhi ketika usianya 40 tahun. Namun ternyata, dana pensiunnya tercapai lebih cepat 5 tahun dari target semula.

“Target dana pensiun terkumpul di usia 40 tahun, tapi ternyata lebih cepat. Sekarang target dana pensiun gue sudah tercapai,” kata Raditya Dika dalam sebuah acara yang digelar secara virtual Kamis (10/9).

Suami Anissa Aziza itu juga mengatakan dana pendidikan anaknya juga sudah ada. Mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Bahkan dirinya telah mengantisipasi kenaikan biaya sekolah dengan membuat perhitungan perkiraan kenaikan uang pendidikan mencapai 20 persen setiap tahunnya.

Keberhasilan Raditya Dika dalam mengumpulkan dana pensiun di usia muda bukanlah tanpa tindaka yang matang. Radit mengakui menahan diri untuk tidak bergaya hidup mewah sejak muda.

Sejak dulu penulis buku Marmut Merah Jambu ini sudah memiliki komitmen pada diri sendiri, meskipun penghasilannya meningkat tidak lantas mengubah gaya hidupnya. Itulah yang menjadi alasan kenapa Raditya Dika tidak memiliki mobil mewah sampai sekarang. Tidak seperti sejumlah artis lain yang kerap memamerkan tunggangan mewahnya di media sosial.

Lebih lanjut, diungkapkannya, selain menekan diri supaya tidak tergiur dengan gaya hidup, mengelola keuangan dengan baik juga sangat penting. Sejak memiliki penghasilan dari menulis buku ketika usianya baru menginjak 20-an tahun, ia paling rajin berinvestasi. Baik dalam bentuk deposito, reksadana, maupun saham.

“Investasi pelan-pelan dari deposito dulu, reksadana, terus ke saham,” ungkap lelaki berusia 35 tahun itu.

Raditya Dika mengaku mulai belajar berinvestasi dari teman-teman dan orang-orang disekelilingnya. Dorongan ini datang karena profesi menulisnya kerap dipandang sebelah mata. Sebab, salah satu temannya mengatakan profesi penulis masa depannya suram.

“Teman gue bilang penulis itu miskin-miskin, itu bikin gue stres donk. Kok gitu? Nanti tuanya susah atau apa lah. Padahal gue lagi suka-sukanya menulis pada waktu itu. Di entertainment juga ada yang bilang, umur entertain pendek,” tuturnya.

Berangkat dari omongan tak nyaman dari teman-teman dan orang-orang di sekelilingnya, Raditya Dika kemudian memutuskan untuk belajar berinvestasi. Dia mempelajari tentang seluk beluk investasi karena tidak mau di hari tua malah hidup sengsara.

“Gue belajar investasi karena kekhawatiran sebenarnya,” ujarnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

 


Raditya Dika Beberkan Rahasia Kumpulkan Dana Pensiun di Usia Muda