Banyak Tenaga Kesehatan Gugur, Masyarakat Diminta Disiplin Terapkan 3M

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Banyak Tenaga Kesehatan Gugur, Masyarakat Diminta Disiplin Terapkan 3M


JawaPos.com – Sejauh ini, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengungkap, ada 282 tenaga kesehatan yang wafat akibat Covid-19. Untuk itu, Ketua DPD RI, La Nyalla Mahmud Mattalitti meminta masyarakat patuh terhadap protokol kesehatan dan serius menjauhi kerumunan.

“Saya menyampaikan rasa keprihatinan dan duka yang dalam atas wafatnya para tenaga kesehatan kita yang berjuang di garis terdepan melawan virus Corona. Semoga arwah rekan-rekan tenaga kesehatan diterima di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan,” ujar La Nyalla dalam keterangannya, Rabu (18/11).

Sebanyak 282 tenaga kesehatan yang wafat itu merupakan data IDI sejak awal pandemi pada Maret lalu hingga November ini. La Nyalla menyebut, hal tersebut merupakan kehilangan besar bagi dunia medis, khususnya di Indonesia.

“Ada 159 dokter, 9 dokter gigi, dan 114 perawat yang sudah menjadi korban ganasnya COVID ini. Jangan sia-siakan pengorbanan mereka dengan sikap apatis terhadap pandemi,” sebut LaNyalla.

Dari 159 dokter yang wafat itu, terdiri dari 84 dokter umum, 73 dokter spesialis, serta 2 residen. Mereka berasal dari 20 IDI Wilayah (provinsi), dan 71 IDI Cabang (kota/kabupaten).

Ketua DPD pun mengajak seluruh pihak untuk hening sejenak mendoakan para tenaga kesehatan yang gugur karena Covid-19. La Nyalla meminta kepada masyarakat untuk menjadikan kematian para tenaga medis ini sebagai bahan perenungan agar tidak abai menerapkan 3M. Yakni wajib menjaga jarak, wajib memakai masker, dan wajib mencuci tangan dengan sabun.

“Diharapkan dengan sangat kepada masyarakat untuk betul-betul mematuhi protokol kesehatan. Jaga diri sendiri, jaga keluarga, dan orang-orang terdekat. Menjaga diri sendiri itu artinya kita juga turut menjaga keluarga dan sesama,” tuturnya.

“Jauhi kerumunan. Jika terpaksa harus keluar terapkan jaga jarak, memakai masker, dan tidak lupa selalu mencuci tangan. Virus ini nyata. Banyak tenaga kesehatan yang tertular Corona dari pasien. Kita harus menjaga agar tidak ada lagi tenaga kesehatan yang berjatuhan akibat covid-19 agar mereka bisa terus memberi perawatan kepada masyarakat yang sakit,” sambung La Nyalla.

Saksikan video menarik berikut ini:


Banyak Tenaga Kesehatan Gugur, Masyarakat Diminta Disiplin Terapkan 3M