Psikolog: Optimisme Orang Tua Hadapi Pandemi juga Optimisme Anak

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Psikolog: Optimisme Orang Tua Hadapi Pandemi juga Optimisme Anak


JawaPos.com – Psikolog Anak dan Keluarga, Sani Budiantini Hermawan mengatakan bahwa saat ini banyak orang tua yang stres menghadapi pandemi Covid-19. Sebab, masyarakat hidup dengan tidak adanya ketidakpastian.

Mulai dari belum tahu kapan selesainya, vaksinnya belum selesai, hingga kasus yang fluktuatif. Oleh karena itu banyak orang tua yang pesimis menghadapi keadaan saat ini.

Padahal menurutnya orang tua merupakan cerminan dari anak. Jika ingin anak optimis menjalani aktivitasnya sehari-hari seperti belajar, tentu orang tua juga harus optimis. Begitu pun sebaliknya.

“Orang tua itu memang sangat stres dan depresi. Nah, oleh karena itu, supaya anak bisa positif, orang tua dulu yang dibenahi (mentalnya),” ungkapnya beberapa waktu lalu.

Dia pun memberikan perumpamaan, jika di dalam pesawat sedang turbulensi atau terjadi goncangan, orang tua yang terlebih dahulu harus memakai oksigen, bukan anaknya dulu. Sebab, orang tua yang harusnya menjadi penolong dalam keadaan darurat, bukan anak.

“Orang tua juga harus optimis bahwa semua ini akan berlalu dengan berjalannya waktu, yang penting kita menjaga diri, jadi bukan kita takut dengan pandemi ini, tapi bagaimana memproteksi diri kita dan keluarga kita itu nomor satu,” tutupnya.

Berdasar itu, penting bagi anak mengetahui penerapan protokol kesehatan di masa pandemi. Dimulai dari 3M yaitu wajib memakai masker, wajib mencuci tangan pakai sabun, dan wajib menjaga jarak serta hindari kerumunan.

Saksikan video menarik berikut ini:


Psikolog: Optimisme Orang Tua Hadapi Pandemi juga Optimisme Anak