Rutan Cipinang Jadi Salah Satu UPT dengan Pelayanan Digital Terbaik

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Rutan Cipinang Jadi Salah Satu UPT dengan Pelayanan Digital Terbaik


JawaPos.com – Digitalisasi pelayanan yang dilakukan Rumah Tahanan (rutan) Kelas I Cipinang, dalam memberikan pelayanan membuahkan hasil. Mereka diganjar penghargaan sebagai salah satu kantor Unit Pelayanan Teknis (UPT) dengan pengelolaan website dan media sosial terbaik.

Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Muhammad Ulin Nuha mengatakan, penghargaan yang didapat itu berkat pengelolaan media sosial dan website untuk informasi keluarga warga binaan pemasyarakatan (WBP). “Memberikan informasi ke masyarakat, keterbukaan informasi tentang pelayanan, juga program pembinaan yang sudah kami lakukan, bisa diterima masyarakat secara luas” kata Ulin dalam siaran pers yang diterima JawaPos.com, Minggu (8/11).

Selain informasi terkait WBP yang ditampilkan di website dan media sosial, Rutan Kelas I Cipinang juga menyediakan Sisten Pelayanan Informasi Drive Thru Dan Kunjungan (Sipitung). Layanan tersebut untuk mendaftar dan menentukan jadwal kunjungan pihak keluarga saat membesuk kerabatnya.

“Namun karena saat ini masih di masa pandemi, kunjungan belum bisa dilakukan,” ujarnya.

Ulin menambahkan, pihaknya juga menyiapkan informasi mengenai hak WBP terkait CB (cuti bersyarat), PB (pembebasan bersyarat). WBP maupun keluarga yang bersangkutan bisa mengakses semuanya.

“Masyarakat yang ingin mengajukan hak-hak keluarga binaan tak perlu datang ke rutan untuk mengambil formulir,” imbuhnya.

Lewat aplikasi tersebut, pihak keluarga cukup mengunduh formulir lalu di-print. Selanjutnya, formulir bisa diserahkan ke Rutan sehingga tidak perlu mengantre. “Harapannya kami bisa selalu memberikan pelayanan kepada masyarakat dan juga warga binaan yang ada di Rutan Cipinang ini secara maksimal,” tukasnya.

Untuk diketahui, penghargaan tersebut merupakan hasil dari lomba pengelolaan media sosial dan website yang digelar Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Lomba ini sedikitnya diikuti oleh 1.020 UPT se-Indonesia. Adapun rincian pemenanganya adalah peringkat pertama Kantor Imigrasi kelas 1 khusus Soekarno Hatta, peringkat dua Kantor Imigrasi kelas II non TPI Kediri, Jawa Timur dan peringkat tiga Rutan Kelas 1 Cipinang, Jakarta Timur.

 


Rutan Cipinang Jadi Salah Satu UPT dengan Pelayanan Digital Terbaik