Usung Semangat Persatuan, Joe Biden Siap Pidato Kemenangan

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Usung Semangat Persatuan, Joe Biden Siap Pidato Kemenangan


JawaPos.com – Presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden dan wakilnya, Kamala Harris akan segera berpidato di depan rakyat Amerika Serikat di Chase Center di kampung halamannya di Wilmington, Delaware. Pesan utama Biden adalah ihwal persatuan, menurut para penasihatnya.

Ucapannya secara tematis diambil dari pidato besar terakhir dari kampanyenya di Gettysburg dan Warm Springs, Georgia. Biden mengatakan di depan rakyat AS, ia berjanji untuk menjadi presiden bagi semua orang Amerika tanpa terkecuali.

Pidatonya telah ditulis beberapa waktu lalu, tetapi penyesuaian telah dilakukan seiring berjalannya waktu. Sedangkan wakilnya, Kamala Harris yang merupakan senator dari California, juga akan mendampinginya pidato. Harris mengukir sejarah sebagai perempuan pertama yang menjadi Wapres AS serta orang kulit hitam pertama keturunan Asia Selatan yang mengemban tugas tersebut.

Biden terpilih sebagai presiden ke-46 Amerika Serikat mengalahkan petahana Donald Trump. Biden unggul telak 290 suara sementara Trump hanya 214 suara.

Jumlah electoral votes yang dikantongi Biden melebihi syarat 270 electoral votes. Biden menang secara dramatis di tengah ancaman gugatan Trump hingga perhitungan ulang di sejumlah negara bagian, salah satunya Georgia. Suara Biden terus meninggalkan Trump dan makin menguat menjelang pengumuman.

Associated Press melaporkan suara untuk Biden pada hari Sabtu (7/11) waktu AS melebihi 20 suara elektoral votes di Pennsylvania. Sehingga menempatkannya di atas ambang batas 270 suara yang diperlukan untuk memenangkan Electoral College.

Berikut susunan acara kemenangan Biden hingga pelantikan:

3 November

Jutaan orang Amerika memberikan suara mereka pada pekan menjelang Hari Pemilihan, baik melalui surat atau sebagai pemilih yang tidak hadir secara langsung. Suara dihitung di seluruh negeri pada Hari Pemilihan.

4-23 November

Surat suara yang masuk harus diberi cap pos paling lambat 3 November di setiap negara bagian AS, tetapi surat suara tersebut masih dihitung di banyak negara bagian.

10 November-11 Desember

Negara bagian mengesahkan hasil pemilu.

8 Desember

Di bawah Electoral Count Act, ini adalah tanggal negara bagian untuk menghitung suara, menyelesaikan perselisihan gugatan, dan menentukan pemenang suara electoral college. Gubernur membuat sertifikat kepastian yang mencantumkan pemenang pemilihan dan daftar pemilih.

23 Desember

Hasil Pemungutan suara harus tiba di Washington.

3 Januari

Anggota DPR dan anggota baru Senat mengambil sumpah pada siang hari. Ini adalah awal resmi dari Kongres ke-117.

6 Januari

Anggota DPR dan Senat bertemu di majelis DPR

20 Januari

Seorang presiden baru mengambil sumpah pada siang hari pada Hari Pelantikan


Usung Semangat Persatuan, Joe Biden Siap Pidato Kemenangan