Atap Ruang Kelas SDN Rowotengah 03 di Jember Ambruk

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Atap Ruang Kelas SDN Rowotengah 03 di Jember Ambruk


JawaPos.com–Atap ruang kelas SDN Rowotengah 03 di Desa Rowotengah, Kabupaten Jember, Jawa Timur, ambruk setelah diguyur hujan deras karena bangunannya sudah tua. Namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

”Kami sudah mendapatkan laporan terkait dengan ambruknya atap satu ruang kelas di SDN Rowotengah 03, Kecamatan Sumberbaru pada Rabu (11/11),” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jember Edy Budi Susilo seperti dilansir dari Antara di Jember.

Menurut dia, atap ruang kelas tersebut ambruk setelah angin yang disertai hujan deras mengguyur Kecamatan Sumberbaru. Bangunan yang sudah tua tersebut memang memiliki potensi ambruk.

”Gedung sekolah itu dibangun pada 1985 dan memiliki tujuh ruang kelas dengan jumlah peserta didik 172 siswa (enam rombongan belajar). Bangunannya sudah tua belum ada rehab total,” tutur Edy Budi Susilo.

Ambruknya bangunan ruang tersebut berdampak pada rusaknya dinding ruangan perpustakaan di samping ruang kelas yang ambruk. Sehingga ruangan perpustakaan tidak dapat dipergunakan.

Edy Budi Susilo menjelaskan, pihak Dinas Pendidikan sudah meminta kepala sekolah untuk gotong royong membersihkan reruntuhan atap bangunan dan memberi batas. Agar tidak ada yang mendekat ke ruang kelas yang ambruk tersebut.

”Untuk pembangunan ruang kelas kembali akan coba kami usulkan pada APBD 2021 dan mudah-mudahan bisa terealisasi,” ujar Edy Budi Susilo.

Berdasar informasi, ruang kelas di beberapa sekolah di Jember ambruk seperti di SMP Negeri 5 Silo yang ambruk akibat diterjang banjir bandang pada 19 Oktober, ruang SDN Klompangan di Kecamatan Ajung roboh pada 29 Mei. Berdasar data Dinas Pendidikan Jember pada 2019, tercatat total ruang kelas SD yang rusak berat 850 ruang yang tersebar di 361 lembaga SD negeri dan swasta. Namun, sebagian sudah dialokasikan untuk diperbaiki.

Saksikan video menarik berikut ini:


Atap Ruang Kelas SDN Rowotengah 03 di Jember Ambruk