Bantul Berlakukan Karantina Mandiri Satu Kompleks Ponpes Krapyak

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Bantul Berlakukan Karantina Mandiri Satu Kompleks Ponpes Krapyak


JawaPos.com–Pemerintah Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Jogjakarta, memberlakukan karantina mandiri di satu kompleks Pondok Pesantren Krapyak. Hal itu menyusul seratusan santri dan pengasuh lembaga pendidikan agama tersebut terpapar Covid-19.

”Pemerintah Desa Panggungharjo, Sewon, memberlakukan karantina mandiri untuk satu kompleks dan memberlakukan pembatasan aktivitas di 17 kompleks lainnya di Pondok Pesantren Krapyak,” kata Lurah Desa Panggungharjo Sewon Bantul, Wahyudi Anggoro Hadi seperti dilansir dari Antara.

Menurut dia, karantina itu dilakukan guna mencegah potensi persebaran virus Covid-19 yang lebih luas. ”Karantina dan pembatasan aktivitas ini dilakukan setelah tracking (pelacakan) Covid-19 yang dilakukan Dinas Kesehatan Bantul kepada penghuni kompleks Pondok Pesantren Krapyak,” terang Wahyudi.

Dia menjelaskan, hasil tracking yang dilakukan Dinkes dan Gugus Tugas Covid-19 Bantul pada 27 Oktober dan 3 November kepada 288 orang, didapatkan 131 terkonfirmasi positif. Sebagian besar adalah para santri dan pengasuh.

”Sejauh ini para santri dan pengasuh yang positif berada dalam kondisi yang baik dan tidak bergejala,” ujar Wahyudi.

Pemerintah desa juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Bantul terus memaksimalkan layanan, media sosial, dan aplikasi pesan, dalam memberikan asistensi klinis sekaligus memantau perkembangan dari masing-masing santri. Pemerintah desa juga membantu para santri dan pengurus pondok di Krapyak, salah satunya dengan mendistribusikan bantuan logistik, penyanitas tangan, masker, dan alat belajar mengajar. Bantuan didistribusikan kepada santri dan pengasuh di Pondok Pesantren Krapyak.

”Di tengah merebaknya wabah Covid-19, pemerintah desa harus tetap hadir dan berupaya memberi perlindungan kepada warga, termasuk santri dan pengasuh yang tinggal di wilayah Desa Panggungharjo. Jadi perlindungan warga menjadi prioritas utama kami,” ucap Wahyudi.

Saksikan video menarik berikut ini:


Bantul Berlakukan Karantina Mandiri Satu Kompleks Ponpes Krapyak