Berbekal Prestasi Gemilang, Kapolda Kalsel Promosi ke Polda Jatim

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Berbekal Prestasi Gemilang, Kapolda Kalsel Promosi ke Polda Jatim


JawaPos.com–Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Nico Afinta promosi ke Polda Jawa Timur (Jatim). Dalam enam bulan menjabat di Bumi Lambung Mangkurat, banyak prestasi gemilang yang dicapai.

Pergeseran jabatan kapolda Kalsel termasuk dalam Surat Telegram Kapolri Nomor 3222 tertanggal 16 November 2020 yang ditandatangani Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan atas nama Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis. Irjen Nico menggantikan Kapolda Jatim Irjen Pol Mohammad Fadil Imran yang promosi menjadi Kapolda Metro Jaya.

”Jabatan Kapolda Kalsel selanjutnya dijabat Irjen Pol Rikwanto yang saat ini Kapolda Maluku Utara,” kata Kabidhumas Polda Kalsel Kombespol Mochamad Rifa’i seperti dilansir dari Antara di Banjarmasin.

Irjen Pol Nico masuk ke Polda Kalsel pada Mei 2020 menggantikan Irjen Pol Yazid Fanani. Salah satu yang paling fenomenal, yakni pengungkapan 3 kuintal sabu-sabu asal Malaysia pada 6 Agustus 2020. Aksi menggagalkan penyelundupan narkotika dalam jumlah fantastis itu mencatatkan rekor terbesar di luar polda di Pulau Jawa hingga mendapatkan penghargaan dari Gubernur Kalimantan Selatan dan Ketua DPRD Kalsel.

Selain penegakan hukum, Nico juga mendorong upaya pencegahan digencarkan agar masyarakat semakin sadar dan peduli terhadap lingkungan sekitar dalam ancaman bahaya peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Nico menginisiasi gelaran webinar edukasi bahaya narkoba pertama di Indonesia selama pandemi Covid-19 pada 7 Oktober hingga meraih penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia (Leprid).

Sementara itu, penggantinya Irjen Pol Rikwanto dikenal lebih banyak menduduki jabatan di Divisi Humas Polri. Bahkan, alumni Akpol 1988 itu pernah tiga tahun sebagai Kabidhumas Polda Metro Jaya pada 2012 hingga 2015.

Saksikan video menarik berikut ini:


Berbekal Prestasi Gemilang, Kapolda Kalsel Promosi ke Polda Jatim