BPPTKG Sebut Magma Masih Bergerak ke Permukaan Gunung Merapi

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

BPPTKG Sebut Magma Masih Bergerak ke Permukaan Gunung Merapi


JawaPos.com–Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Jogjakarta menyebutkan, hingga saat ini, magma masih bergerak menuju ke permukaan kawah Gunung Merapi.

”Magma belum muncul di permukaan. Masih menuju ke permukaan,” kata Kepala BPPTKG Hanik Humaida seperti dilansir dari Antara di Kantor BPPTKG Jogjakarta.

Hanik mengatakan, berdasar data-data kegempaan sejak Oktober, memang mengindikasikan bahwa magma sedang bergerak menuju ke permukaan. Namun demikian, belum dapat diperkirakan kapan magma itu akan sampai di permukaan.

Menurut dia, karena magma belum muncul di permukaan, kecepatan pertumbuhan dan volume magma hingga kini belum bisa diketahui. Berdasar pemantauan morfologi puncak sampai dengan 16 November, kubah lava juga belum terdeteksi muncul di permukaan gunung api aktif itu.

”Nanti kita ikuti prosesnya. Kalau terbentuk kubah lava, akan terjadi guguran lava pijar, awan panas, dan sebagainya,” kata Hanik Humaida.

Terkait potensi bahaya guguran lava, menurut Hanik, memiliki kemungkinan mengarah ke bukaan kawah atau ke arah Kali Gendol. Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan ke arah barat, barat laut atau ke Kali Senowo.

”Tetap ada kemungkinan ke arah barat, barat laut melihat EDM atau deformasinya atau perubahan bentuk tubuh Gunung Merapi di sisi barat,” terang Hanik.

Sebelumnya, BPPTKG mempertahankan status Gunung Merapi pada level III atau siaga. Untuk penambangan di alur sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam KRB III direkomendasikan untuk dihentikan. BPPTKG meminta pelaku wisata agar tidak melakukan kegiatan wisata di KRB III, termasuk kegiatan pendakian ke puncak Gunung Merapi.

Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta; Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah; juga diminta mempersiapkan segala sesuatu yang terkait dengan upaya mitigasi bencana akibat letusan Gunung Merapi yang bisa terjadi setiap saat.

Saksikan video menarik berikut ini:


BPPTKG Sebut Magma Masih Bergerak ke Permukaan Gunung Merapi