Dinas Pendidikan Kota Madiun Gelar Tes Cepat untuk Guru dan Siswa

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Dinas Pendidikan Kota Madiun Gelar Tes Cepat untuk Guru dan Siswa


JawaPos.com–Dinas Pendidikan Kota Madiun, Jawa Timur, menggelar rapid test atau tes cepat deteksi dini Covid-19 bagi para guru, karyawan sekolah, dan siswa. Tes cepat dilakukan sebagai syarat dilaksanakannya uji coba pendidikan tatap muka (PTM) yang akan diselenggarakan Pemkot Madiun mulai 9 November.

”Kami laksanakan rapid test untuk guru dan siswa. Ini sebagai langkah antisipasi persebaran Covid saat PTM. Sebab, penularan dapat terjadi dari mana saja,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun Heri Wasana seperti dilansir dari Antara di Madiun.

Menurut dia, dalam pelaksanaan tes cepat tersebut, pemkot berupaya memastikan seluruh tenaga pendidikan dan siswa terbebas dari penularan Covid-19. Sehingga, kegiatan PTM dapat dilaksanakan dengan aman dan orang tua merasa lebih tenang.

Sesuai rencana, uji coba PTM akan dilakukan untuk sekolah jenjang SD dan SMP mulai 9 November hingga dua pekan ke depan. Karena itu, guna persiapan dilakukan tes cepat. Adapun, tes cepat dilakukan oleh petugas puskesmas di masing-masing sekolah. Hasil tes cepat juga dapat diketahui pada hari yang sama.

”Untuk tingkat SD, rapid test diikuti siswa kelas 1 dan 6. Sedangkan, tingkat SMP hanya siswa kelas 9,” ujar Heri.

Sebelum melaksanakan tes cepat, dinas pendidikan telah lebih dulu menyebarkan angket kepada orang tua siswa. Hasilnya, 80 persen orang tua menghendaki PTM. Sedangkan 20 persen orang tua tetap menginginkan pembelajaran daring. Dinas pendidikan akan tetap memfasilitasi semuanya.

”Untuk yang memilih daring, tidak dilakukan rapid test dan pembelajaran tetap dari rumah. Guru tetap menyiapkan materi seperti biasanya,” terang Heri.

Sesuai rencana, pelaksanaan uji coba PTM berlangsung selama dua pekan dengan mekanisme ganjil-genap dan jam pelajaran dibatasi hanya tiga jam saja.

Saksikan video menarik berikut ini:


Dinas Pendidikan Kota Madiun Gelar Tes Cepat untuk Guru dan Siswa