Ekspedisi Ciliwung Diharapkan Dapat Perhatian dari Presiden Jokowi

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Ekspedisi Ciliwung Diharapkan Dapat Perhatian dari Presiden Jokowi


JawaPos.com–Wali Kota Bogor Bima Arya berharap kegiatan Ekspedisi Ciliwung dari Kota Bogor ke Manggarai (Jakarta Selatan) mendapat perhatian dari Presiden Joko Widodo. Agar pemerintah pusat memperhatikan persoalan Sungai Ciliwung yang mengalir dari Bogor ke Jakarta.

Bima Arya Sugiarto bersama Komunitas Peduli Ciliwung dan beberapa lembaga lain melakukan Ekspedisi Ciliwung, menyusuri Sungai Ciliwung sekitar 75 km dari Sukaresmi (Kota Bogor) pada Selasa (10/11) hingga ke Pintu Air Manggarai di Jakarta Selatan pada Rabu (11/11).
Menurut Bima Arya, Ekspedisi Ciliwung itu adalah bentuk komitmen dalam mendukung upaya penyelamatan sungai dan untuk pemetaan persoalan Ciliwung. ”Sungai Ciliwung ini mengalir dari Bogor ke Jakarta. Sehingga, persoalan Ciliwung bukan hanya menjadi urusan Bogor atau urusan Jakarta, tapi menjadi urusan bersama,” terang Bima Arya.

Dalam Tim Ekspedisi Ciliwung ada Dinas Permukiman Kota Bogor, Komunitas Peduli Ciliwung (KPC), Satgas Ciliwung, dan BPBD Kota Bogor yang melakukan pemetaan Ciliwung berdasar koordinat.

”Hasilnya akan direkapitulasi untuk disampaikan kepada otoritasnya. Ada Pemkab Bogor, Pemkot Depok, Gubernur DKI Jakarta, dan kementerian. Kami juga ingin meminta perhatian dari Bapak Presiden,” tutur Bima Arya.

Menurut Bima, Presiden Joko Widodo sebelumnya sudah mengampanyekan Sungai Citarum. Bima Arya ingin agar Presiden juga memberikan perhatian kepada Sungai Ciliwung.

”Kami harapkan, perhatian itu bukan sebatas kebersihan tapi juga keselamatan. Jangan sampai ada tumpukan sampai di badan sungai, pencemaran, dan bangunan liar di tepi sungai. Karena yang rugi adalah semua daerah yang dilintasi, terutama Jakarta,” ujar Bima Arya.

Bima menambahkan, Ekspedisi Ciliwung juga sebagai refleksi peringatan Hari Pahlawan, mengajak lebih banyak orang lagi peduli dan sadar terhadap pentingnya ekologi dan fungsi Sungai Ciliwung.

Saksikan video menarik berikut ini:


Ekspedisi Ciliwung Diharapkan Dapat Perhatian dari Presiden Jokowi