Cara Tumbuhkan Keyakinan Anak untuk Lewati Pandemi Covid-19

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Cara Tumbuhkan Keyakinan Anak untuk Lewati Pandemi Covid-19


JawaPos.com – Pada masa pandemi ini, memberikan pemahaman Covid-19 pada anak merupakan hal yang penting. Sebab, dengan begitu mereka bisa tahu apa yang sebenarnya terjadi di lingkungan sekitar.

Tidak sedikit juga anak yang merasa khawatir akan apa yang dilihatnya saat ini. Hampir semua orang bepergian memakai masker, kemudian dianjurkan tetap berada di dalam rumah, dan menghindari keramaian.

Terkait hal itu, Psikolog Anak dan Keluarga, Sani Budiantini Hermawan, mangatakan bahwa saat pandemi ini menjadi waktu yang tepat untuk menanamkan protokol kesehatan 3M dalam diri anak yakni wajib memakai masker, wajib mencuci tangan, dan wajib menjaga jarak.

Diharapkan orang tua memberikan tips-tips mencegah penularan Covid-19. Hal itu bisa membuat anak memiliki keyakinan dalam menjalani kesehariannya dan tidak takut lagi dengan kondisi saat ini. Namun, tentunya orang tua perlu menjelaskan dengan bahasa yang tepat.

“Ajak anak komunikasi (dua arah), kita akan terjaga asalkan bertanya pada anak soal pakai masker, cuci tangan, menjaga jarak, dan sebagainya. Jadi itu yang harus orang tua ulang-ulang juga, tapi dengan cara tidak membuat anak jadi takut,” ungkapnya beberapa waktu lalu.

Lebih bagus lagi jika orang tua memanfaatkan benda di sekitarnya dan menceritakan serta menerapkan apa yang harus dilakukan di masa pandemi ini. Bisa saja anak tersebut menjadi agent of change untuk anak-anak sebayanya ketika bermain di sekitaran rumah.

“Penting juga orang tua punya kreativitas, pakai alat-alat, bahasa yang baik, yang nyambung, intonasi yang menyenangkan dan orang tua jangan sampai nakut-nakutin anak,” pungkasnya.


Cara Tumbuhkan Keyakinan Anak untuk Lewati Pandemi Covid-19