KPU Surabaya Alihkan Lokasi Debat Publik Kedua Pilkada 2020

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

KPU Surabaya Alihkan Lokasi Debat Publik Kedua Pilkada 2020


JawaPos.com–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya, Jawa Timur, mengalihkan lokasi debat publik kedua pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya dalam Pilkada Surabaya 2020 pada 18 November. Pemindahan itu dengan alasan pertimbangan keamanan.

Anggota KPU Surabaya Subairi, seperti dilansir dari Antara di Surabaya mengatakan, debat publik pertama digelar di hotel, debat publik kedua akan dialihkan di Dyandra Convention Center, Jalan Basuki Rahmat. ”Keputusan itu setelah kita evaluasi dan hasil koordinasi dengan pihak kepolisian,” ujar Subairi.

Menurut dia, salah satu alasan dipindahkannya lokasi itu adalah dari sisi keamanan. Sebab, jika debat digelar di hotel, pengamanannya lebih sulit. Apalagi, lanjut dia, peserta debat publik saat pandemi Covid-19 dibatasi dengan protokol kesehatan. Jika di hotel, kata dia, dikhawatirkan ada pendukung paslon yang menyamar sebagai tamu hotel.

”Dengan dialihkan ke Dyandra Convention Center, akan mudah diawasi. Mereka yang tidak berkepentingan dilarang berada di sekitar lokasi debat,” ujar Subairi.

KPU Surabaya sudah menggelar debat publik pertama di Hotel Marriott pada 4 November. Setelah pelaksanaan debat tersebut, KPU sudah melakukan rapat koordinasi untuk pelaksanaan debat publik kedua. Debat itu rencananya ditayangkan secara langsung oleh dua stasiun televisi, yakni BBS TV dan Inews TV.

Pilkada Surabaya 2020 diikuti pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Armuji. Paslon nomor urut 01 tersebut diusung PDI Perjuangan dan didukung oleh PSI. Selain itu mereka juga mendapatkan tambahan kekuatan dari enam partai politik nonparlemen, yakni Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Hanura, Partai Berkarya, PKPI, dan Partai Garuda.

Sedangkan pasangan Machfud Arifin-Mujiaman dengan nomor urut 02 diusung koalisi delapan partai yakni PKB, PPP, PAN, Golkar, Gerindra, PKS, Demokrat, dan Partai Nasdem serta didukung partai non-parlemen yakni Partai Perindo.

Saksikan video menarik berikut ini:


KPU Surabaya Alihkan Lokasi Debat Publik Kedua Pilkada 2020