RSUD Hariyoto Lumajang Uji Klinis Plasma Konvalesen Pasien Covid-19

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

RSUD Hariyoto Lumajang Uji Klinis Plasma Konvalesen Pasien Covid-19


JawaPos.com–Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Haryoto, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, menjadi rumah sakit yang disetujui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan uji klinis plasma konvalesen untuk penanganan pasien Covid-19.

”Alhamdulillah RSUD Haryoto menjadi salah satu rumah sakit yang disetujui Kemenkes dari 25 rumah sakit seluruh Indonesia dalam keikutsertaan uji klinis plasma sebagai terapi tambahan Covid-19,” kata Direktur RSUD Haryoto Lumajang Halimi Maksum seperti dilansir dari Antara di Lumajang.

Menurut dia, UTD PMI Lumajang memenuhi syarat untuk memproduki plasma karena sudah tersertifikasi, sehingga pihak rumah sakit melakukan sinergi dengan UTD PMI Lumajang untuk menjadi penguji plasma untuk pasien terpapar virus korona.

”Dalam dua minggu terakhir kami juga mendapat kabar baik bahwa Rumah Sakit Jember Klinik bekerja sama dengan UTD PMI Lumajang dalam membantu menyediakan pasien yang sembuh Covid-19 untuk mendonorkan plasma darahnya,” kata Halimi Maksum.

Dia menjelaskan suah ada 27 pasien yang sembuh dari Covid-19 di RSUD Haryoto Lumajang yang bersedia mendonorkan plasma darahnya untuk membantu terapi pasien yang terinfeksi virus korona. ”Untuk produk plasma darahnya sudah diproduksi dan beberapa rumah sakit rujukan Covid juga sudah menggunakan produk plasma tersebut. Kemenkes akan mengawal ketat penelitian di RSUD Haryoto,” ujar Halimi Maksum.

Sementara itu, salah satu anggota Tim Peneliti Uji Klinis Plasenter Badan Litbang Kesehatan Tetra Fajarwati mengatakan, ada 25 rumah sakit di seluruh Indonesia yang akan diuji klinis plasma terapi Covid-19. Salah satunya RSUD Haryoto Kabupaten Lumajang.

”Ada 46 subjek yang akan diuji klinis. Di antaranya yaitu pasien Covid-19. Sehingga, kami akan terus berupaya untuk mencari bukti efektif dalam pemberian plasma konvalesen sebagai terapi pasien yang terjangkit virus Covid-19,” kata Tetra Fajarwati.

Menurut dia, RSUD Haryoto Lumajang adalah rumah sakit yang sudah diakui memiliki kemampuan yang baik dalam merawat pasien Covid-19. Selain itu, RS mempunyai fasilitas yang memadai dalam pelaksanaan uji klinis plasma konvalesen tersebut. ”RSUD Haryoto Lumajang itu sudah memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam uji klinis plasma sebagai terapi pasien Covid-19,” ujar Tetra Fajarwati.

Saksikan video menarik berikut ini:


RSUD Hariyoto Lumajang Uji Klinis Plasma Konvalesen Pasien Covid-19