Surokim: Lebih Lugas, Paslon 2 Unggul di Debat Pertama Pilbup Sidoarjo

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Surokim: Lebih Lugas, Paslon 2 Unggul di Debat Pertama Pilbup Sidoarjo


JawaPos.com – Pengamat politik Surokim Abdussalam menilai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo nomor urut 2, Ahmad Muhdlor Ali dan Subandi, lebih unggul dalam debat publik pertama. Seperti diketahui, debat publik itu dilaksanakan KPUD Sidoarjo, Selasa malam (3/11).

Surokim yang dikenal rutin melakukan riset soal politik di berbagai daerah di Jawa Timur mengatakan, Paslon nomor urut 2 unggul dalam debat publik pertama karena mampu memaparkan program dengan lebih taktis dan implementatif.

“Secara umum, saya menilai para paslon dalam debat pertama ini masih belum bisa lepas dalam menyampaikan program dan pemikirannya. Mungkin semua grogi karena ini debat publik perdana. Tapi jika harus menilai tiap-tiap paslon, saya melihat paslon nomor urut dua lebih unggul dalam debat kali ini,” katanya, Rabu (4/11).

Surokim menilai, paslon nomor urut 2 mampu memaparkan programnya lebih jelas, detail, dan konkrit dibanding Paslon lainnya. Versinya, pemaparan paslon lain masih dalam skala makro. Berbeda dengan paslon nomor urut 2 yang dinilai relatif mampu memaparkan program secara lugas, sebagai indikator menguasai masalah dan solusi warga.

Dari sisi penampilan, duet Gus Muhdlor-Subandi, menurut Surokim, juga lebih ekspresif, responsif dan solutif dalam menjawab pertanyaan yang diajukan. “Mungkin karena Paslon nomor dua ini yang paling muda di antara Paslon lainnya, maka kesannya paslon ini lebih ekspresif dibandingkan paslon lainnya,” tutur dosen Komunikasi Politik Universitas Trunojoyo Madura tersebut.

Pria yang juga peneliti di Surabaya Survey Center (SSC) ini mengatakan, ke depan semua paslon diharapkan bisa lebih lugas lagi dalam memaparkan programnya kepada calon pemilih. Sehingga, program-program tersebut bisa dipahami dan menjadi panduan dalam menentukan pilihan.


Surokim: Lebih Lugas, Paslon 2 Unggul di Debat Pertama Pilbup Sidoarjo