TNI AL: Awak Kapal Selam Nanggala-402 Pasti Menghemat Oksigen

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

TNI AL: Awak Kapal Selam Nanggala-402 Pasti Menghemat Oksigen


JawaPos.com – Kapal selam KRI Nanggala-402 belum juga ditemukan. Kondisi ini menjadi kabar buruk lantaran pasokan oksigen di kapal tersebut hanya bisa bertahan hingga pukul 03.00 pagi tadi.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono tak mau berspekulasi terkait kondisi para prajurit di dalam kapal selam tersebut. Dia yakin para prajurit melakukan prosedur penghematan oksigen di dalam kapal.

“Mereka pasti melakukan prosedur penghematan oksigen,” kata Julius saat dihubungi, Sabtu (24/4).

Dia menyakini jika para prajurit paham betul prosedur penghematan oksigen dalam kondisi darurat tersebut. “Caranya dengan tidur dan mengurangi aktivitas di dalam kapal. Itu prosedur yang dilakukan prajurit,” jelas Julius.

Sebelumnya, kapal selam KRI Nanggala-402 hilang kontak di perairan dekat Bali pada Rabu (21/4) sekitar pukul 03.00 WIB. KRI Nanggala-402 diketahui satu dari lima kapal selam yang dimiliki angkatan bersenjata Indonesia.

TNI AL memastikan jika KRI Nanggala-402 dalam keadaan layak menyelam. Kapal membawa 53 orang. Terdiri dari 49 ABK, 1 Komandan Satuan, dan 3 personel Arsenal.

KRI Nanggala-402 ini awalnya hendak mengikuti latihan penembakan di laut Bali, pada Kamis (22/4) besok. Insiden hilang kontak ini diduga terjadi saat KRI Nanggala sedang melakukan gladi resik.

Sebagai informasi, KRI Nanggala-402 merupakan salah satu kapal selam dari lima kapal selam yang dimiliki Indonesia. Kapal ini diproduksi perushaan Jerman pada 1979. Dan dibeli oleh Indonesia pada 1981.


TNI AL: Awak Kapal Selam Nanggala-402 Pasti Menghemat Oksigen