Legislator PDIP Minta Dunia Buka Mata Lebih Objektif tentang Papua

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Legislator PDIP Minta Dunia Buka Mata Lebih Objektif tentang Papua


JawaPos.com – Kontak tembak Satgas BIN dengan Kelompok Separatis Papua (KSP) di Kampung Dambet Distrik Beoga Kabupaten Puncak menyebabkan Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya gugur. Anggota Komisi I DPR Dede Indra Sudiro menyampaikan belasungkawa yang mendalam kepada Kabinda Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya yang gugur dalam bertugas.

Ia menilai, hal ini menandakan Badan Intelijen Negara (BIN) bersikap proaktif dalam menjaga stabilitas keamanan Papua. “Saya turut berbelasungkawa yang mendalam kepada Kabinda Papua Bapak Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya yang gugur dalam bertugas,”ujar Dede kepada wartawan, Selasa (27/4).

Menurutnya, perlu penguatan operasi dan optimalisasi anggaran yang lebih baik di dalam tubuh BIN. Di sisi lain, Dede menilai Kepala BIN Budi Gunawan serius dalam penanganan Papua agar tetap menjadi bagian NKRI.

Ia menyebut, gugurnya Kabinda Papua sebagai pahlawan kusuma bangsa karena membela persatuan kesatuan Indonesia. “Menurut saya, saat itu Kabinda Papua tengah menjalankan tugas pemulihan keamanan pasca gangguan keamanan kepada masyarakat di Beoga Puncak. Saya juga mendoakan Bapak Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya husnul khotimah,” katanya.

Dede juga berharap, keluarga besar diberikan kesabaran dan ketabahan. Pihaknya mendukung penuh langkah Panglima TNI bersama BIN dan Polri, mengatasi KKB di Papua dengan tindakan tegas dan terukur demi penegakan hukum.

“Saya memastikan dukungan langkah terukur dan tegas harus dilakukan oleh Polri, TNI dan BIN untuk tetap teguh menjaga NKRI dari rongrongan separatisme di Papua,” ungkapnya.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini meyakini bahwa TNI, Polri, dan BIN telah mengambil tindakan profesional. Ia berharap, dunia internasional agar dapat melihat secara proporsional masalah di Papua sebagai upaya penegakan hukum.

“Prajurit TNI-Polri banyak sudah gugur di Papua yang merupakan salah satu putra terbaik NKRI, dunia internasional juga harus membuka mata dan melihat persoalan di Papua ini dengan lebih objektif. Dengan kejadian ini, kita harap peran diplomasi terkait masalah Papua juga penting untuk lebih ditingkatkan,” pungkasnya.

 


Legislator PDIP Minta Dunia Buka Mata Lebih Objektif tentang Papua