Panglima TNI Mutasi 151 Pati, Kapuspen hingga Pangkoarmada Berganti

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Panglima TNI Mutasi 151 Pati, Kapuspen hingga Pangkoarmada Berganti


JawaPos.com – Mutasi besar-besaran kembali dilakukan oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Sebanyak 151 Perwira Tinggi (Pati) di lingkungan TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU) mendapat promosi jabatan.

Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut Edys Riyanto mengatakan, mutasi tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/350/IV/2021 tertanggal 26 April 2021 tentang Mutasi dan Rotasi Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

“Dalam surat tersebut telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan terhadap 151 Perwira Tinggi (Pati) TNI terdiri dari 81 Pati TNI AD, 46 Pati TNI AL dan 24 Pati TNI AU,” kata Edys dalam keterangan tertulis, Kamis (29/4).

Salah satu jabatan strategis dari 85 Pati TNI AD yang dimutasi seperti Mayjen TNI Achmad Riad yang semula menjabat sebagai Kapuspen TNI menjadi Waka Bais TNI. Jabatannya digantikan oleh Brigjen TNI Prantara Santosa yang sebelumnya menjabat Kapusjarah TNI.

Adapula Mayjen TNI Tiopan Aritonang selaku Asops Panglima TNI dipromosikan menjadi Dankodiklat TNI. Jabatan dia sebelumnya diberikan kepada Mayjen TNI Syafruddin yang sebelumnya menjabat sebagai Kas Kogabwilhan I.

Sedangkan jabatan strategis di TNI AL di antaranya, Laksda TNI Sudihartawan yang sebelumnya menjabat sebagai Pangkoarmada II menjadi Askomlek KSAL. Jabatannya digantikan oleh Laksda TNI Iwan Isnurwanto yang sebelumnya menjabat sebagai Danseskoal.

Mutasi ini terjadi setelah insiden tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402. Iwan sendiri diketahui lama berkarir di Satuan Kapal Selam (Satkalsel). Bahkan dia lama menjadi komandan di KRI Nanggala-402.

Sementara itu, jabatan strategis di lingkungan TNI AU yang mengalami mutasi di antaranya, Marsda TNI Dyah Yudanardi dari Aspers Panglima TNI menjadi Dansesko TNI. Marsda TNI Sri Pulung Dwatmastu dari Wadanjen Akademi TNI menjadi Pa Sahli Tk. III Bid. Kawasan Khusus dan LH Panglima TNI.

Marsma TNI Rudy Iskandar dari Kabinda DIY pada Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN menjadi Kabinda Jawa Timur pada Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN dan Marsma TNI I.B.K. Swagata Padangratha dari Staf Khusus Kasau menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun).


Panglima TNI Mutasi 151 Pati, Kapuspen hingga Pangkoarmada Berganti