Pemerintah Berkomitmen Terus Lakukan Pemajuan Kebudayaan

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pemerintah Berkomitmen Terus Lakukan Pemajuan Kebudayaan


JawaPos.com – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, pemerintah berkomitmen untuk terus memajukan budaya nasional. Hal ini juga telah diteguhkan dengan adanya UU Pemajuan Kebudayaan.

UU Pemajuan Kebudayaan sendiri merupakan sejarah baru bagi Indonesia. Pasalnya, setelah puluhan tahun merdeka, akhirnya Indonesia memiliki sebuah panduan dalam upaya menjalankan amanat Pasal 32 Ayat 1 UUD 1945 untuk memajukan kebudayaan.

“Pemerintah memiliki komitmen yang sangat tinggi terhadap masalah pemajuan kebudayaan ini dan juga untuk segera bisa merancang strategi kebudayaan yang bisa dijadikan panduan oleh semua pihak dalam menuju Indonesia Emas,” ujar Menko PMK dalam keterangannya, Kamis (29/4).

Namun, Menko PMK mengakui, UU Pemajuan Kebudayaan masih terdapat kendala dalam implementasinya. Karenanya, kata Muhadjir, saat ini diupayakan peraturan turunan dari UU Nomor 5/2017 tersebut.

“Supaya UU bisa dilaksanakan maka perlu ada peraturan turunan berikutnya. Bisa berbentuk Perpres (Peraturan Presiden), kalau di level daerah ada Peraturan Gubernur atau Bupati,” ungkapnya.

Implementasi UU yang memang masih cukup sulit dan terdapat kendala ini pun diharapkan dapat menjadi perhatian. Karenanya, dia mengatakan, masukan dari masyarakat seni juga sangat penting untuk evaluasi dan implementasinya.

“Saya tahu memang tidak mudah saya kira nanti kedepan sangat tidak mudah setidak mudahnya ketika UU ini mau dilahirkan. Jadi ketika UU ini mau dilahirkan implementasinya mungkin juga tidak mudah sebagaimana ketika mau lahir UU ini juga sulit,” pungkasnya.


Pemerintah Berkomitmen Terus Lakukan Pemajuan Kebudayaan