Indonesia Punya Peluang Jadi Host Playoff Piala Asia 2021

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Indonesia Punya Peluang Jadi Host Playoff Piala Asia 2021


JawaPos.com – Indonesia berpotensi menggelar babak playoff kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. Fase tersebut merupakan babak yang mempertemukan peringkat ketiga setiap grup untuk meraih tiket ke putaran final. Artinya, itu merupakan fase paling akhir dari proses kualifikasi.

Laga playoff dijadwalkan berlangsung pada 12 hingga 14 Agustus 2021. Atau hanya berselang tiga hari sebelum babak utama yang digelar di Istora Senayan, Jakarta.

Wasekjen PP Perbasi Rufiana tidak menampik hal tersebut. FIBA juga sudah menawarkan hal itu. Hanya, Perbasi belum bisa langsung memutuskan. ”Kami belum memberikan jawaban ke FIBA karena harus dibicarakan secara internal. Ini kan berarti ada event lagi. Meski event ini bisa jadi test event untuk melihat kesiapan kami,” katanya.

Rufiana menjelaskan, ada beberapa pertimbangan soal jadwal playoff yang mepet dan Indonesia yang ditunjuk sebagai tuan rumah. Hal itu berkaitan dengan antisipasi gejolak pandemi yang belum mereda.

Rufiana pun setuju dengan pemikiran FIBA. ”Ini untuk meminimalkan perjalanan. Kalau (playoff) di Indonesia, negara yang lolos bisa langsung main di Jakarta. Tidak perlu jauh-jauh untuk pindah negara. Apalagi, saat ini kan juga ada proses karantina. Tiap negara beda,” terangnya.

Dalam babak playoff, masing-masing peringkat ketiga grup akan memperebutkan empat slot dalam FIBA Asia Cup 2021. Termasuk Indonesia jika finis di peringkat ketiga nanti.

Saat ini Indonesia menempati peringkat ketiga grup A di bawah Korea Selatan (Korsel) dan Filipina. Masih ada jadwal kualifikasi windows ketiga yang akan berlangsung pada 16–20 Juni mendatang di Clark, Filipina. Indonesia akan kembali berhadapan dengan Korsel, Filipina, dan Thailand.

Selain potensi tuan rumah playoff, Perbasi mempertimbangkan status Covid-19 di tiap-tiap negara. Terutama India yang kasusnya melonjak drastis dan saat ini menjadi hot spot persebaran. Rufiana menambahkan, pihaknya telah membicarakan hal itu dengan FIBA. Panpel dan Perbasi telah meminta data soal status Covid-19 dari tiap-tiap negara peserta.

”Tapi, mereka (FIBA) belum bisa menjawab karena perlu waktu. Untuk kepastiannya sendiri baru bisa satu bulan sebelum event. Saat ini masih observasi, mengumpulkan data, dan menyiapkan langkah antisipasi terkait status perubahan situasi mendatang,” papar Rufiana.

Sementara itu, Manajer Timnas Fareza Tamrella mengatakan, besar kemungkinan Indonesia juga akan mengikuti babak playoff. Sebelumnya Indonesia memang harus mengikuti windows ketiga yang waktunya cukup mepet dengan TC. Ya, meski lolos ke babak utama dengan status tuan rumah, mereka tetap perlu pemanasan menjelang turnamen.

”Apalagi dengan kondisi seperti ini. Untuk tryout ke luar negeri juga masih susah. Adanya pertandingan di windows ketiga dan babak playoff ini akan sangat menguntungkan bagi tim untuk memperbaiki apa saja yang masih kurang,” tuturnya.


Indonesia Punya Peluang Jadi Host Playoff Piala Asia 2021