Wagub DKI Sebut Kapasitas RS Aman Antisipasi Lonjakan Pasien Covid-19

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Wagub DKI Sebut Kapasitas RS Aman Antisipasi Lonjakan Pasien Covid-19


JawaPos.com–Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan, kapasitas 106 rumah sakit rujukan pasien Covid-19 masih aman untuk mengantisipasi lonjakan kasus yang mungkin terjadi. Biasanya setelah libur panjang, seperti libur lebaran kemarin, terjadi lonjakan kasus.

”Insya Allah ketersediaan rumah sakit tidak usah khawatir,” kata Riza seperti dilansir dari Antara di Jakarta Selatan.

Riza menjelaskan, berdasar data Dinas Kesehatan DKI Jakarta, jumlah keterisian tempat tidur di 106 rumah sakit (RS) rujukan baru 28 persen dari total tempat tidur sejumlah 6.620 unit. Yakni telah diisi sebanyak 1.846 pasien yang masih terkonfirmasi positif Covid-19.

Sedangkan untuk tempat tidur di ruang Intensive Care Unit (ICU) baru terisi 31 persen dari total 1.017 tempat tidur yang tersedia di 106 rumah sakit rujukan yang tersebar di Jakarta. Total pasien ICU sebanyak 313 orang.

”Kami di Pemprov DKI terus mengupayakan peningkatan sapras dan jumlah nakes atau SDM,” tutur Riza.

Kendati semua fasilitas kesehatan sudah siap, Riza berharap tidak ada gelombang besar peningkatan kasus Covid-19 setelah Idul Fitri tahun ini. Hal tersebut didasarkan Jakarta sudah beberapa kali mengalami ledakan virus korona setelah libur panjang. Mobilitas warga yang meningkat pada periode libur adalah salah satu pemicunya.

”Kita berharap dalam satu sampai dua minggu ke depan tidak ada peningkatan yang signifikan akibat libur panjang, mudik, silaturahmi, dan sebagainya,” ucap Riza.


Wagub DKI Sebut Kapasitas RS Aman Antisipasi Lonjakan Pasien Covid-19