Patuh pada Prokes Adalah Kunci Cegah Penularan Covid-19

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Patuh pada Prokes Adalah Kunci Cegah Penularan Covid-19


JawaPos.com – Munculnya klaster-klaster penularan lokal akibat mobilitas masyarakat saat libur Lebaran sepatutnya tidak terjadi. Sebab, Satgas Penanganan Covid-19 sudah berkali-kali mengingatkan kegiatan seperti liburan atau berkumpul di satu tempat bisa berpotensi meningkatkan penularan Covid-19.

“Seperti yang sudah saya peringatkan sebelumnya bahwa kegiatan-kegiatan tersebut berpotensi meningkatkan penularan, dan berdampak pada meningkatnya kasus positif Covid-19 di Indonesia,” Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, Rabu (26/5).

Jika melihat adanya klaster-klaster baru, maka Indonesia belum berhasil sepenuhnya mencegah penularan. Padahal, masyarakat seharusnya bisa belajar dari pengalaman libur panjang pada hari-hari besar atau libur nasional sebelumnya.

Baca Juga: Menko PMK Sebut Vaksinasi Bangun Kepercayaan Diri Relawan

Melihat perjalanan penanganan pandemi Covid-19 sejak Maret pada 2020 lalu, masyarakat seharusnya terus berhati-hati serta meningkatkan kepatuhannya terhadap protokol kesehatan. Sebagai upaya melindungi diri dari penularan Covid-19.

Kolaborasi pemerintah dengan masyarakat, tokoh masyarakat beserta tokoh agama merupakan hal yang penting agar penularan Covid-19 dapat dicegah. Sehingga kebijakan pemerintah dalam mengatasi pandemi dapat terlaksana secara efektif.

“Dari sini kita belajar, sebagus apapun kebijakan yang dibuat apabila tidak diikuti dengan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat, maka tidak akan ter-implementasi dengan baik untuk memberikan dampak positif,” ungkapnya.

Tidak lupa Wiku juga berpesan kepada masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan 5M secara ketat, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, mengurangi mobilisasi dan menjauhi kerumunan.


Patuh pada Prokes Adalah Kunci Cegah Penularan Covid-19